Radius: Mati
Radius: km
Set radius for geolocation
Candi Tepas
titleName

Candi Tepas

Memuat…

Dusun Dawung, Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar memiliki peninggalan bersejarah berupa sebuah candi yang dinamakan Candi Tepas. Struktur bangunan candi yang terbuat dari batu andesit ini sudah rusak. Pada bagian sisinya juga tidak memiliki relief apapun. Pak Darno, merupakan juru kunci dari Candi Tepas ini memberikan informasi bahwa sekitar 17 meter di sebelah utara candi ini terdapat struktur batu bata yang membujur dari arah timur ke barat, di bagian timur dan selatan candi ini juga ditemukan struktur batu bata yang sama. Struktur memanjang ini diprediksi merupakan pagar asli dari Candi Tepas pada dahulu kala.

Candi Tepas ini dibuat dari susunan batu trasit dan batu bata (misra). Material batu trasit ini untuk batuan yang menyusuni candi, sedangkan bahan isian dari candi ini serta pondasinya terbuat dari batu bata. Batu trasit adalah batuan vulkanik yang terbentuk di luar perut bumi atau setelah terjadi erupsi. Batuan ini berwarna putih, abu-abu terang dan coklat terang, dan termasuk jenis batuan yang berpori sehingga sangat mudah aus dan lapuk.

Cara Menuju Candi Tepas

Apabila sedang melakukan perjalanan menuju Taman Ayu Gogoniti dari Kesamben, ada plang petunjuk arah ke Candi Tepas. Dari SPBU Kesamben menuju utara menyusuri Desa Pagerwojo – Desa Tepas. Ikuti tanda panah menuju candi tepas dengan berbelok ke kiri kemudian  belok kanan. Nanti candi tepas berada di sebelah kanan. Atau bisa menggunakan menu petunjuk arah yang sudah disiapkan.

Alamat

Alamat:

Candi Tepas

GPS:

-8.0871519, 112.4012451

Telepon:

-

Surel:

-

Web:

-

Tunjukkan Rute