Degan Kupas Candi Penataran
Degan Kupas Candi Penataran

Es Kelapa Muda atau lebih populer dengan Es degan selama ini hanya disajikan dalam gelas atau langsung dalam tempurung batoknya. Nah, beberapa waktu lalu Jelajah Blitar sempat menemukan salah satu cara unik menyantap kelapa muda atau degan dengan cara dikupas. Penasaran dengan gimana sih degan kupas itu?

Kelapa Muda / Degan kupas ini sebenarnya sudah cukup populer di Thailand, namun belum banyak ditemui di Indonesia. Beberapa waktu lalu waktu main ke Candi Penataran, ternyata terdapat penjual kelapa muda / degan kupas di sebrang pintu masuk candi.

Tidak sulit untuk mencari penjual degan kupas ini, karena hanya ada satu penjual degan di halaman candi penataran. Penjual dengan gerobak ini menawarkan atraksi unik sehingga tidak heran kalau selalu ramai oleh pengunjung, terutama ketika candi penataran ramai.

Proses Menguliti Degan
Proses Menguliti Degan

Harga satu buah degan kupas ini hanya Rp. 10.000. Disajikan beserta daging degan yang masih muda lengkap dengan air di dalamnya. Untuk meminum air degan, disediakan sedotan plastik. Sedangkan daging dimakan setelah air habis. Sensasi manis dari air degan alami dengan dagingnya yang lunak karena masih muda merupakan cara baru menikmati degan. Sehingga tanpa sendok pun kita bisa menikmati sajian degan kupas yang unik ini.

Mas, Tri sudah sekitar satu tahun ini berjualan Degan kupas di halaman candi penataran, butuh waktu yang cukup lama untuk membuatnya benar-benar mahir dalam menyajikan degan yang unik ini. Sehingga bisa benar-benar mengetahui seluk beluk bagaimana memperlakukan buah ini.

Setiap hari buka mulai dari jam 9 pagi sampai sekitar pukul 5 sore. Sehingga kalau mau mencoba sensasi degan kupas, pastikan datang sekitar jam itu yak.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!