Makam Bung Karno
Company Gathering Blitar

Jelajah Blitar

Makam Bung Karno

Diperbarui:

Makam Bung Karno / Makam Soekarno salah satu daya tarik wisata di Blitar yang bahkan menjadi ikon Kota Blitar. Ribuan wisatawan datang ke Blitar setiap harinya untuk berziarah di Pusaranya.

Menjelang pemilu, tidak sedikit tokoh politik nasional yang datang untuk berziarah ke makam proklamator Indonesia ini.

Sejarah

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa Bung Karno dimakamkan di Blitar? Padahal beliau pernah berwasiat untuk dimakamkan di Kebun Raya Bogor.

Kota Blitar dipilih untuk mengurangi pengaruh Bung Karno di daerah ibukota. Ini tidak lepas dari masalah politik yang cukup pelik saat itu. Bahkan ada Keppres No 44 Tahun 1970 untuk menentukan lokasi pemakaman Bung Karno ini,

Arsitektur

Desain bangunan utama menggunakan arsitektur khas jawa berupa bangungan Joglo yang dikombinasikan dengan atap sisik ikan khas sunda. Selain makam Bung Karno, terdapat pula makam Ayah dan Ibu Bung Karno.

Baca juga : Rekomendasi tempat wisata di Blitar untuk liburan

Dalam komplek makam ini terdapat 3 bagunan, satu merupakan makam dimana tempat para peziarah, selain itu juga terdapat mushola di bagian baratnya, serta sebuah bangunan agak lapang dengan maket kawasan makam pada bagian timurnya. 

Dulunya, terdapat sekat kaca di sekeliling tiang penyangga Joglo. Sejak era Gus Dur, kaca penyangga tersebut dilepas hingga kini sehingga siapapun bisa langsung berdoa di makam Bung Karno yang merupakan Bapak Proklamasi Indonesia ini.

Lokasi dan HTM

Secara Administratif, komplek wisata makam Bung Karno ini berada di Kelurahan Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar

Lokasi Makam Bung Karno

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung diminta untuk mengisi buku tamu dan membayar HTM sebesar Rp. 3.000 untuk satu orang. Untuk warga lokal, biasanya tidak dikenakan biaya untuk masuk ke kawasan ini.

Pasar Makam Bung Karno

Untuk keluar dari kawasan makam, pengunjung akan melewati pasar oleh-oleh karena pintu masuk cukup sempit jika digunakan untuk pintu masuk sekaligus pintu keluar.

Selain makam, pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Bung Karno maupun Perpustakaan Nasional Bung Karno. Setelah ziarah, biasanya para pengunjung akan melanjutkan perjalanan menuju ke Istana Gebang menggunakan becak yang tersedia di PIPP untuk mengetahui rumah tinggal Bung Karno ketika di Blitar.

Video Makam Bung Karno

Jelajah Blitar sempat membuat dokumentasi video Makam Bung Karno yang bisa disaksikan di bawah ini

YouTube video
Promo Shopee Valentine
Jelajah Blitar

About Jelajah Blitar

Menjelajahi Blitar sejak 2014. Temukan kami di Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok