Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Makam Bung Karno / Makam Soekarno merupakan komplek makam presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Desain bangunan utama menggunakan arsitektur khas jawa berupa bangungan Joglo yang dikombinasikan dengan atap sisik ikan khas sunda. Selain makam Bung Karno, terdapat pula makam Ayah dan Ibu Bung Karno.

Dalam komplek makam bung karno terdapat 3 bagunan, satu merupakan makam dimana tempat para peziarah, selain itu juga terdapat mushola di bagian baratnya, serta sebuah bangunan agak lapang dengan maket kawasan makam pada bagian timurnya. Dulunya, terdapat sekat kaca di sekeliling tiang penyangga Joglo. Sejak era Gus Dur, kaca penyangga tersebut dilepas hingga kini sehingga siapapun bisa langsung berdoa di makam Bung Karno yang merupakan Bapak Proklamasi Indonesia ini.

Untuk memasuki makam bung karno, pengunjung diminta untuk mengisi buku tamu dan membayar HTM sebesar Rp. 3.000 untuk satu orang.

Pasar Makam Bung Karno
Pasar Makam Bung Karno

Untuk keluar dari kawasan makam bung karno, pengunjung diharuskan untuk mengitari pasar oleh-oleh karena pintu masuk cukup sempit jika digunakan untuk pintu masuk sekaligus pintu keluar.

Selain makam, pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Bung Karno maupun Perpustakaan Nasional Bung Karno. Biasanya setelah mengelilingi kawasan makam bung karno, para pengunjung juga mengunjungi Istana Gebang menggunakan becak yang tersedia di PIPP.