Pantai Pasur

shopee aff
Pantai Pasur di Blitar
Pantai Pasur

Terletak di pesisir selatan pulau jawa membuat Blitar memiliki banyak sekali pantai, jika di ujung timur terdapat Pantai Jolosutro, sedangkan di ujung barat terdapat pantai pasur. Pantai dengan pasir hitam yang juga pernah dijadikan tambang pasir hitam seperti pantai jebring.

Pantai pasur terletak di desa Bululawang, Kec. Bakung, Kab Blitar. Dengan bentang pantai kurang lebih 1km, membuat pantai pasur menjadi pantai dengan bentang pantai terpanjang kedua di Blitar setelah pantai Jolosutro.

Pemancing di Pantai Pasur

Meskipun begitu, hingga saat ini pantai pasur belumlah menjadi destinasi wisata yang dikembangkan, hanya dibiarkan begitu saja. Mungkin karena masih terkena dampak efek tambang pasir besi yang pernah eksis.

Di sebelah timur, terdapat beberapa pepohonan cemara udang yang sudah mulai tinggi, sedangkan di sisi barat juga terdapat muara sungai yang menawarkan pemandangan indah. Sedangkan di bagian tengahnya masih tandus tanpa ada pepohonan. Gundukan tanah juga tampak cantik ketika musim hujan karena rumput-rumput liar tumbuh dengan subur.

Muara Sungai di Pantai Pasur

Kondisi ombak di samudera hindia yang besar membuat pengunjung tidak bisa bermain di laut, sebagai gantinya terdapat muara sungai yang cantik di sisi barat pantai ini. Namun belum ada fasilitas penunjang seperti tempat ganti baju dan sejenisnya.

Cara Menuju Pantai Pasur

Untuk mencapai pantai ini terdapat dua jalur, yaitu jalur melalui Tumpak Kepuh dan Melalui Monumen Trisula. Dari Blitar Kota ambil arah selatan menuju ke Kademangan, setelah itu ambil ke selatan arah pantai tambakrejo. Sesampainya di perempatan gawang, ada dua rute yang bisa dipilih

• Lurus ambil rute ke tambakrejo, hingga menemukan pertigaan pohon beringin kecil ambil kanan ke pantai pangi. Ikuti jalan sampai perempatan kantor desa tumpak kepuh ambil ke kanan sampai mentok dan ambil kiri menuju ke pasur. Di rute ini bisa mampir ke Pantai Pangi dan Goa Umbul Tuk
  • Belok kanan ambil rute ke Monumen Trisula, Ikuti jalan sampai di pertigaan setelah monumen Trisula ambil kiri. Ikuti jalan terus sampai melewati jembatan dan tanjakan. Sesampainya di pertigaan besar ambil lurus menuju ke pantai. Di rute ini bisa mampir ke Jurug Goa Luweng, Monumen Trisula dan Air Terjun Tirto Galuh.

Bagikan:

Related Post

3 responses to “Pantai Pasur”

1. Larung Sesaji dan Pelepasan Tukik di Pantai Pasur - Jelajah Blitar

[…] Bululawang memiliki tradisi larung sesaji pada tanggal 1 Suro / Muharam di Pantai Pasur. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini selain ada acara larung sesaji di Pantai […]

2. Rd Avatar
    Rd

Apakah armada elf long / giga bisa masuk

1. Pandu Aji Avatar
      Pandu Aji

Saat ini sedang dalam pembangunan JLS. Kalau musim hujan agak susah karena jalannya. Tapi kalau nggak hujan sepertinya aman-aman saja untuk elf long