Pantai Serang Blitar
Pengunjung Pantai Serang Blitar

Blitar punya pantai, namun tidak semuanya mudah di akses. Selama empat tahun menjelajahi Blitar, Jelajah Blitar mengumpulkan daftar pantai di Blitar yang aksesnya mudah untuk dilewati mobil. Supaya para wisatawan yang liburan ke Blitar bisa menikmati liburan.

Tidak bisa dipungkiri kalau berada di pesisir selatan pulau Jawa, membuat Blitar memiliki bonus geografis berupa pantai. Seperti yang kita ketahui, kalau ada banyak sekali pantai di Blitar yang bisa dikunjungi oleh wisatawan maupun para petualang. Namun tidak semua pantai bisa dikunjungi dengan mudah, apalagi menggunakan mobil. Berikut daftar pantai di Blitar yang aksesnya mudah dan bisa dilalui oleh mobil.

Oh iya, sebelum membahas pantai yang aksesnya mudah untuk dilalui mobil, kalau baru pertama kali main ke Blitar, kamu perlu datang ke tempat wisata wajib di Blitar yang harus kamu kunjungi minimal sekali ketika liburan ke Blitar.

Pantai Tambakrejo di Blitar

Destinasi Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar
Destinasi Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar

Merupakan pantai paling ramai dan paling populer di Blitar. Salah satu destinasi wisata andalan di Blitar ini menawarkan pemandangan laut nan biru dengan pasir pantai yang berwarna putih. Sayangnya, ombak di pantai ini bisa dibilang cukup besar, bahkan beberapa kali sempat menelan korban jiwa.

Pengunjung juga bisa naik perahu untuk menikmati keindahan pantai tambakrejo dari sisi yang berbeda. Kalau nggak salah, hanya membayar Rp. 15.000 / orang dengan kapasitas perahu maksimal 10 orang.

Dermaga di Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo Blitar

Dermaga di sisi barat pantai tambakrejo juga memiliki pemandangan yang cukup apik untuk berfoto bersama teman maupun keluarga. Adanya TPI (Tempat Pelelangan Ikan) juga memberikan pilihan menu seafood di Blitar yang banyak dengan harga yang relatif terjangkau.

Akses mobil ke pantai tambakrejo bisa dibilang cukup mudah. Tidak ada jalan yang terlalu sulit, hanya ada satu tanjakan yang agak curam. Selebihnya relatif mudah. Sayangnya, untuk bis besar belum bisa dibawa menuju ke lokasi ini. Jadi tidak disarankan untuk datang ke pantai tambakrejo dengan naik bis.

HTM untuk masuk ke pantai tambakrejo saat ini sekitar Rp. 5.000/orang. Biasanya saat tahun baru / libur lebaran diberlakukan sistem buka tutup arus. Jadi ketika mau datang bersama keluarga saat tahun baru / lebaran, ada baiknya berangkat sebelum jam 12 siang.

Rute ke pantain tambakrejo dari Blitar Kota : Blitar Kota ke selatan – Kademangan – Suruhwadang – Gawang, Bakung ke selatan – Wonotirto – Tambakrejo

Pantai Pasetran Gondo Mayit dan Pasir Putih Tambakrejo di Blitar

Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar
Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar

Pantai Pasetran Gondo Mayit dan Pasir Putih Tambakrejo merupakan pantai yang berada di satu kawasan dan hanya dipisahkan oleh sebuah bukit dengan pesanggrahan di atasnya. Kalau dari pantai tambakrejo yang sudah dibahas di atas, lokasinya hanya dipisahkan juga dengan sebuah bukit yang cukup tinggi.

Pantai ini memang tidak seramai pantai tambakrejo, namun pemandannya menurut admin Jelajah Blitar, lebih bagus dibandingkan dengan tambakrejo. Sayangnya tidak banyak menu seafood yang tersedia di sini. Cukup terbatas. Warung yang tersedia juga sudah cukup banyak untuk yang ingin mencicipi seafood di Blitar dengan harga yang terjangkau.

Pengunjung Pantai Pasetran Gondo Mayit
Pengunjung Pantai Pasetran Gondo Mayit

Sebagai salah satu pantai dengan warna laut paling indah di Blitar, pantai ini memiliki ombak yang besar. Tidak disarankan untuk bermain air di laut. Terutama ketika ombak sedang besar.

Untuk mencapai tempat ini, rutenya sama dengan menuju ke pantai tambakrejo. Yang membedakan hanya sebelum sampai di pantai tambakrejo, cukup belok ke kiri dan ikuti jalan sampai menemukan petunjuk arah ke pantai pasir putih.

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar
Kursi Pantai di Pantai Serang Blitar

Pantai serang merupakan pantai yang ada di Ds. Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Pantai dengan bentang yang cukup luas ini memiliki pasir hitam. Di pinggir pantai cukup rindang dengan banyaknya pepohonan cemara udang yang bikin suasana tetap sejuk meski di siang hari. Jadi tidak heran jika banyak keluarga yang menghabiskan akhir pekan di pantai ini.

Pantai Serang Blitar
Pengunjung Pantai Serang Blitar

Bulan September merupakan bulan paling tepat untuk main ke pantai serang, karena ada yang namanya Serang Festival setiap minggunya. Banyak event menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, sebut saja Festival Layang-Layang, Pelepasan Tukik, Serang Jazz Beach Festival, Festival Barongan, Larung sesaji dan masih banyak lagi event-event menarik di pantai ini.

Camping di Pantai Serang
Camping di Pantai Serang

Banyak warung yang buka 24 jam, akses air bersih juga cukup mudah. Jadi tidak heran jika pantai serang merupakan salah satu pantai favorit untuk camping di Blitar.

Kondisi jalan menuju pantai serang ini sudah aspal, bisa dengan mudah diakses naik mobil. Katanya, bus besar bisa mengakses pantai ini selama tidak bebarengan dengan musim panen tebu. Karena cukup susah apabila berpapasan dengan truk. Admin Jelajah Blitar hanya pernah melihat bus sedang parkir di pantai ini.

Rute menuju ke pantai serang, dari Kota Blitar ambil ke timur arah Kanigoro – Ke selatan arah Lodoyo / Sutojayan – Lampu merah sutojayan ambil arah ke Timur Ds. Margomulyo – Ambil ke selatan arah Panggungrejo – Kemudian ambil rute ke arah pantai serang. Petunjuk arah menuju pantai ini sudah cukup jelas kok. Jadi nggak perlu takut nyasar.

Pantai Jolosutro di Blitar

Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro merupakan pantai yang ada di sisi paling timur Blitar. Terletak di Ds. Ringinrejo, Kec. Wates ini memiliki bentang pantai paling panjang di Blitar. Jadi kalau jalan dari ujung ke ujung cukup melelahkan

Pantai Jolosutro Sisi Barat
Pantai Jolosutro Sisi Barat

Di sisi timur pantai terdapat muara sungai, bagian tengah pepohonan cemara udang seperti di pantai serang juga cukup lebat. Sedangkan sisi barat bisa dibilang hampir tidak ada apa-apanya selain pantai yang terbentang. Eh, ada bebatuan yang mungkin bisa jadi icon pantai ini, hanya saja lumayan jauh dari pintu masuk pantai.

Setiap tahunnya, pantai jolosutro digunakan untuk larung sesaji upacara Melasti umat hindu yang ada di Blitar dan sekitarnya. Akses jalan menuju ke pantai Jolosutro ini sudah cukup bagus, hanya saja ada sedikit jalan rusak di daerah Binangun.

Pantai Jolosutro dari Perbukitan
Pantai Jolosutro dari Perbukitan

Meskipun kondisi jalan menuju pantai Jolosutro ini sudah cukup baik, sayangnya jalan terlalu sempit jika digunakan untuk bus. Kalau hanya bus mini sepertinya bisa, namun kalau bus besar untuk saat ini belum bisa. Nunggu JLS jadi aja.

HTM untuk masuk pantai jolosutro sepertinya sama, yaitu Rp. 5.000 per orang. Ketika hari biasa pergi ke pantai ini enggak ada yang jaga loket.

Rute menuju pantai jolosutro dari Blitar Kota mending ke timur – Kanigoro – ke selatan Sutojayan – Ambil kiri setelah jembatan Glondong yang menghubungkan utara sungai dan selatan sungai – Kedungwungu – Ngembul ke selatan – Binangun – Wates – Pantai.

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo.
Pantai Peh Pulo yang sesungguhnya

Kalau ketiga pantai di atas, akses mobil benar-benar mudah. Mulai pantai ke empat sampai ke bawah itu sebenernya mudah cuma ya ada sedikit kesulitan. Tapi tentang aja rute ke pantai ini aksesnya agak mudah untuk dilewati mobil.

Pantai Peh Pasir Putih Sumbersih
Pantai Peh Pasir Putih Sumbersih dekat dengan pantai peh pulo

Pantai Peh Pulo yang populer di media sosial sebenarnya adalah pantai pasir putih sumbersih. Faktanya, pantai peh pulo masih ke timur sekitar setengah kilo an. Pantai dengan pasir putih dan kepulauan yang tak jauh dari pantai merupakan daya tarik tersendiri. Nggak sedikit yang bilang kalau peh pulo itu raja ampatnya Blitar.

Jalan dari desa terakhir menuju ke pantai ini berupa cor beton yang lumayan. Hanya saja cukup sulit jika sampai berpapasan dengan mobil / truk lain. Tapi selebihnya jalannya nggak terlalu susah kok.

Pantai Pasir Putih Sumbersih
Pantai Pasir Putih Sumbersih

Terakhir pergi ke pantai peh pulo, Jelajah Blitar nggak menemukan adanya penjual ikan bakar, padahal di pantai. Agak susah memang. Jadi bisa mainan air di pantai, tapi tetep hati-hati ya. Kamar mandi juga sudah tersedia dan cukup layak.

HTM ke pantai ini Rp. 5.000/ orang dengan biaya parkir motor Rp. 3.000 / motor.

Rute menuju ke Pantai Peh Pulo hampir sama dengan ke pantai serang. Untuk saat ini jangan pernah menggunakan google maps untuk menuju ka pantai ini, karena kamu akan di arahkan ke pantai serang dan berjalan dari pantai serang.

Perjalanan menuju pantai pasir putih dan peh pulo bisa dari Kanigoro ambil ke selatan melalui Sutojayan kemudian ambil rute menuju ke pantai serang. Sesampainya di pertigaan beringin Panggungrejo ambil rute ke kiri menuju Ds. Kaligambir. Dari Ds. Kaligambir ikuti jalan utama hingga menemukan ancer-ancer menuju ke pantai pasir putih. Ikuti terus rute tersebut di jalan utama. Sudah tampak beberapa petunjuk arah di persimpangan yang menunjukkan rute ke pantai pasir putih.

Pantai Pangi

Wisatawan Pantai Pangi
Wisatawan Pantai Pangi

Seperti halnya pantai serang, pantai pangi ini merupakan salah satu pantai yang bisa buat camping di Blitar. Jelajah Blitar dulu cukup sering camping di pantai ini. Menikmati malam pergantian tahun baru pun seru-seru aja.

Naik Perahu di Pantai Pangi
Naik Perahu di Pantai Pangi

Terletak di Ds. Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab Blitar pantai ini tidak jauh dari goa umbul tuk. Salah satu daya tarik yang ada di pantai ini adalah muara sungai dengan warna ijo-ijo yang menarik untuk diabadikan dengan kamera. Kadang kalau ada perahu, kita bisa menyusuri muara sungai yang tak terlalu jauh itu naik perahu.

Bermain Air di Pantai Pangi
Bermain Air di Pantai Pangi

Ombak di pantai pangi ini tidak terlalu besar sehingga relatif paling aman untuk bermain di pantai namun tetap tidak disarankan. Apalagi kalau sampai main airnya nengah. Berbahaya.

HTM masuk ke pantai pangi kalau nggak salah Rp. 8.000. Petugas loket tampaknya hanya ada di pagi hari saja. Setiap datang setelah pukul 14.00 WIB nggak pernah ada petugas loket yang berjaga.

Kondisi jalan menuju ke pantai pangi ini sebenarnya cukup mudah kaya ke pantai tambakrejo. Hanya saja, beberapa kilo mendekati pantai jalanan benar-benar rusak parah. Jika pengen, mobil bisa parkir di pinggir pantai. Namun apabila sayang dengan mobil, Jelajah Blitar sarankan untuk parkir di atas, karena hanya perlu jalan kaki sekitar 200 meter sambil menyebrang sungai.

Rute menuju ke Pantai Pangi bisa dari Kota Blitar ke Kademangan – Suruhwadang – Gawang – Wonotirto – Pertigaan beringin belok kanan ke goa umbul tuk – Sampai perempatan kantor desa Tumpakkepuh ambil jalan lurus ke selatan. Jalan susah sekitar 1 km dari kantor desa Tumpakkepuh.

Pantai Pasur

Pantai Pasur di Blitar
Pantai Pasur di Blitar

Jika pantai jolosutro merupakan pantai paling timur, pantai paling barat di Blitar ada pantai pasur. Pantai dengan bentang pantai yang cukup panjang ini memiliki karakteristik pasir berwarna hitam karena mengandung biji besi.

Pantai yang terletak di Ds. Bululawang, Kec. Bakung, Kab. Blitar ini tidak terlalu jauh lokasinya dari Pantai Pangi. Jadi kalau mau sehari dapat empat pantai, bisa coba rute pantai pasur – pantai pangi – pantai tambakrejo – pantai gondomayit.

Meskipun merupakan pantai yang relatif mudah aksesnya, namun hingga saat ini pantai ini belum dikelola dengan baik. Tidak ada HTM untuk masuk ke kawasan pantai ini. Kondisinya juga cukup panas, kecuali sisi timur yang sudah mulai ada pepohonan cemara udang yang bisa untuk berteduh.

Muara Sungai di Pantai Pasur
Muara Sungai di Pantai Pasur

Sisi barat pantai ini terdapat muara sungai yang cukup cantik. Aman untuk digunakan berenang. Tidak disarankan untuk berenang di pantai, karena ombak di pantai ini cukup besar.

Rute menuju pantai ini dari kota Blitar bisa ke selatan menuju ke Kademangan – Suruhwadang – Perempatan Gawang.

  • Perempatan gawang belok kanan melewati Monumen Trisula, Air Terjun Tirto Galuh
  • Perempatan gawang lurus melewati rute ke pantai pangi, dari perempatan kantor desa tumpakkepuh ambil ke kanan menuju ke barat.

Kondisi jalan menuju pantai ini sudah cukup mudah. Jalan yang agak sulit itu ketika kita sudah sampai di selatan kantor desa Bululawang menuju pantai. Jalanan didominasi aspal yang sudah rusak.

Bingung Pantai di Blitar yang Aksesnya Mudah untuk Mobil?

Sebenarnya masih ada beberapa pantai lagi di Blitar yang bisa diakses dengan naik mobil, namun kurang recomended karena selain jalan yang terlalu sulit juga beresiko. Nggak cocok buat piknik santai, kecuali kalau mau adventure menggunakan kendaraan besar macam Jeep.

Kalau kamu baru pertama kali datang ke Blitar, ada baiknya berkunjung ke tempat wisata wajib di Blitar terlebih dahulu sebelum menjelajahi pantai-pantai yang ada di wilayah Blitar.

Semoga informasi daftar pantai di Blitar yang aksesnya mudah dilewati mobil di atas bisa membantu anda yang sedang bingung mencari pantai di Blitar untuk liburan.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram - facebook - youtube untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

Leave a Reply