Pantai Pudak Blitar dengan Pasir Putihnya yang Indah

shopee aff
Pantai Pudak Blitar Selatan
Pantai Pudak Blitar Selatan

Pantai Pudak di Ngadipuro Blitar menjadi salah satu pantai di Blitar dengan akses yang mudah sejak adanya Jalur Lintas Selatan (JLS) – Blitar.

Pembangunan beton cor sepanjang jalan dari Jalur Lintas Selatan hingga pantai membuat siapapun bisa datang ke pantai pudak ini. Meski begitu, bus belum bisa dibawa ke pantai ini ya ges.

Keindahan Pantai Pudak di Desa Ngadipuro, Wonotirto

Pantai Pudak Blitar
Pantai Pudak Blitar

Secara administratif, pantai pudak ini terletak di Ds. Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Mungkin banyak yang belum tahu tentang desa ngadipuro, kalau dari arah Sutojayan / Lodoyo, lokasinya berada di sebelah selatan Ds. Ngeni.

Pantai Pudak memang tidak terlalu luas, namun warna pasirnya yang putih dan lembut ini menjadi salah satu daya tarik yang tidak ditemukan di pantai lain. Selain warna pasir yang putih, pantai ini memiliki bentang yang tidak terlalu luas sehingga siapapun bisa menikmati dari ujung ke ujung.

Sebagai pantai di Blitar yang masih belum terlalu ramai atau bahkan bisa dibilang sepi, tidak ada pengunjung lain ketika Jelajah Blitar sampai di pantai ini. Berasa pantai milik sendiri.

Namun kini Pantai Pudak sudah mulai berbenah dan dikelola oleh Bumdes. Keberadaan songgo langit camping ground juga menjadi daya tarik untuk wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan cara berbeda.

Tiket Masuk

Sejak dikelola oleh Bumdes, kini tiket masuk di kawasan Pandai Pudak adalah Rp10.000 per orang.

Fasilitas di Pantai Pudak

Fasilitas Pantai Pudak di Blitar

Saat ini pantai pudak Blitar sudah dikelola oleh Pemerintah Desa Ngadipuro. Ada banyak fasilitas yang memanjakan para wisatawan yang mau menikmati suasana pantai.

Terdapat songgolangit camping ground di perbukitan pantai pudak yang menampilkan pemandangan syahdu pantai dari ketinggian. Ada akses dari bukit ke pantai yang lebih mudah.

Sudah ada beberapa pedagang di sekitaran pantai sehingga pengunjung tidak perlu takut kelaparan lagi. Selain itu juga sudah ada kamar mandi untuk wisatawan yang ingin mengganti pakaian.

Rute dan Akses Jalan

Kalau dulu, untuk bisa pergi ke pantai pudak ini kita harus melewati jalanan yang sulit. Sekarang pengunjung bisa datang dengan tenang menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Pudak Blitar dengan Pasir Putihnya yang Indah 1

Meski kondisi jalan cor hanya bisa dilewati satu mobil saja, di akhir pekan dan hari libur ada tim dari pantai pudak yang melakukan koordinasi dari pintu masuk dan pintu keluar. Sehingga akan meminimalisir bertemunya dua mobil di tengah jalan.

Saat ini wisatawan bisa menuju pantai ini melalui dua pantai yang terkenal di Blitar, yaitu Pantai Tambakrejo dan Pantai Serang. Darii kedua pantai tersebut wisatawan bisa menysuri JLS untuk menemukan Pantai Pudak.

Jalan ke Pantai Pudak
Jalan ke Pantai Pudak sebelum ada JLS

Rute pantai yang lama : Dari Kota Blitar kamu bisa menuju ke selatan arah Lodoyo – Ngeni – Ngadipuro. Kondisi jalan sampai di Ds. Ngadipuro sebenarnya bisa dibilang cukup mudah dan tingkat kesulitan jalannya bisa ditolerir. Hanya saja, dari pemukiman warga ke pantai yang butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan.

Untuk kendaraan roda dua bisa dibawa sampai ke pantai. Hanya saja usahakan menggunakan kendaraan yang agak tinggi, jangan terlalu rendah. Kondisi jalan dari desa terakhir menuju ke pantai di dominasi jalanan berbatu yang besar.Mungkin apabila datang di akhir pekan akan ada beberapa orang di pantai ini. Sedangkan kalau di hari biasa, hampir jarang ada pengunjungnya.

Motor yang terlalu rendah bisa tersangkut dengan batu, apalagi mobil. Mending naik motor bebek atau motor laki yang cukup tinggi.

Jelajah Blitar

About Jelajah Blitar

Menjelajahi Blitar sejak lama. Temukan kami di Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok

Bagikan:

Related Post