Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Panggungrejo, merupakan salah satu desa yang terletak di Blitar Selatan dan memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Bidadari yang belum lama ini populer.

Secara administratif, air terjun bidadari ini terletak di Desa Panggungrejo, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Lokasinya berada tidak jauh dari jalan utama menuju ke pantai peh pulo maupun pantai serang. Jadi apabila punya agenda ke salah satu pantai tersebut tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mampir di air terjun ini.

Gapura Air Terjun Bidadari
Gapura Air Terjun Bidadari

Air terjun bidadari di Panggungrejo Blitar ini terletak di kawasan hutan jati sebelumnya populer sebagai tempat bersemedi. Awal mula dinamakan air terjun bidadari karena menurut Pak Harry, ketika siang maupun sore terdapat sinar matahari yang mengenai air terjun yang  memunculkan warna pelangi. Karena pelangi identik dengan bidadari, akhirnya air terjun ini diberi nama air terjun bidadari.

Air terjun bidadari di Blitar ini apabila malam seringkali digunakan untuk bersemedi orang-orang yang memiliki kepercayaan tertentu. Bahkan tersedia tempat untuk mandi lengkap dengan rapalan doa untuk yang akan mandi di air terjun ini.

Foto Pemandangan di Air Terjun Bidadari
Foto Pemandangan di Air Terjun Bidadari

Debit air tidak terlalu besar ketika musim kemarau sehingga pesonanya kurang begitu memikat, sepertinya akan lebih bagus apabila datang ketika musim hujan karena debit airnya lebih besar.

Air terjun bidadari di panggungrejo ini memiliki dua tingkat, yang mana pengunjung bisa naik untuk melihat bagian atas, namun karena alasan keamanan pengunjung tidak diperkenankan untuk menginjak tingkat keduanya. Oleh karena itu sekarang akses untuk turun ke air terjun tingkat keduanya ditutup dengan pagar bambu.

Jalan Menuju Air Terjun
Jalan Menuju Air Terjun

Jalan kaki menuju air terjun tidak jauh, kurang dari 100 meter kok dari parkiran kendaraan roda dua. Selain itu juga terdapat mushola untuk yang mau beribadah sekaligus piknik menjelajahi tempat wisata di Blitar.

Cara Menuju Air Terjun Bidadari di Panggungrejo Blitar

Dari Kota Blitar ambil arah ke selatan menuju Kanigoro kemudian ke selatan lagi menuju ke Sutojayan / Lodoyo. Sesampainya di perempatan lampu merah sutojayan ambil arah ke kiri menuju ke Margomulyo. Sesampainya di pertigaan KB Margomulyo ambil kanan menuju arah pantai serang. Ikuti jalan terus hingga melewati hutan, sesampainya di pertigaan desa panggungrejo ambil arah lurus menuju air terjun bidadari. Jangan khawatir, karena sudah ada petunjuk jalan menuju ke kawasan air terjun ini

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

1 COMMENT

Leave a Reply