Pantai Serang

Pantai Serang Blitar
Pengunjung Pantai Serang Blitar

Pantai Serang merupakan salah satu pantai yang dikelolah oleh pemerintah desa Serang. Pantai ini terletak di Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar ini merupakan pantai yang memiliki agenda paling padat jika dibandingkan pantai – pantai lain di Blitar.

Dukungan pemerintah desa terhadap pengembangan wisata pantai di Blitar ini membuat pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan di Blitar karena termasuk pantai dengan fasilitas terbaik. Tidak heran jika Pantai Serang masuk nominasi 50 Desa Wisata terbaik di Indonesia.

Pelepasan Tukik di Pantai Serang
Pelepasan Tukik di Pantai Serang

Dengan bentang pantai yang cukup panjang dan berada di wilayah pantai selatan pulau jawa membuat pantai ini memiliki ombak yang begitu besar. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas di air apabila berada di pantai serang. Meskipun begitu, sesekali pantai ini digunakan untuk berselancar ketika ombak sedang bagus. Rimbunnya pepohonan di sekitar pantai ini membuat pengunjung bisa menikmati pantai tanpa harus kepanasan.

Camping di Pantai Serang
Camping di Pantai Serang

Penjual makanan juga tertata sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pemandangan pantai yang berombak besar. Selain itu pantai serang merupakan pantai dengan pemandangan sunset terindah di Blitar.

Apabila anda ingin menikmati sunset yang indah, anda bisa datang ke pantai serang di sore hari. Waktu paling tepat untuk menikmati sunset di Pantai Serang ada di bulan Oktober – Januari. Bahkan jika beruntung terkadang tampak lumba – lumba yang lewat sambil melompat tampak indah di ujung lautan ketika senja.

Akses ke Pantai Serang

Perjalanan menuju Pantai Serang Blitar membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Dari Kota Blitar menuju ke selatan melewati Lodoyo kemudian ambil arah ke timur menuju Margomulyo. Sesampainya di pertigaan dengan patung KB 2 anak cukup, ambil kanan ke arah Panggungrejo. Ikuti jalan utama terus sampai tiba di pasar Panggungurejo. Pertigaan beringin ambil ke kanan menuju ke Pantai Serang.

Akses ke Pantai Serang bisa dilewati kendaraan roda dua, tiga bahkan bus medium bisa mencapai ke Pantai Serang Blitar ini.

Tiket Masuk

Banyak yang bertanya, berapa harga tiket masuk ke Pantai Serang Blitar ini? Setidaknya ada dua tarif masuk per tahun 2022 ini,

  • Tarif reguler Rp10.000/ orang untuk setiap harinya
  • Tarif festival Rp20.000/orang ketika ada festival seperti serang culture festival

Serang Culture Festival

Serang Culture Festival merupakan event tahunan yang dilaksanakan di Pantai Serang Blitar, biasanya festival budaya di pantai ini berlangsung antara bulan September – Oktober setiap tahunnya. Aneka ragam kegiatan budaya digelar di pantai ini seperti Festival Layang-Layang, Festival Patung Pasir, Festival Keroncong hingga Festival Jazz juga digelar di Pantai Serang

Agenda saat ini: Serang Culture Festival VI tahun 2022

Serang Barong Festival

Fesival Layang Layang

Pelepasan Tukik

Dan masih ada banyak lagi kegiatan di Pantai Serang Blitar setiap tahunnya.

Pertanyaan Seputar Pantai Serang

Berikut beberapa pertanyaan dari netizen seputar Pantai Serang

Apakah bis besar bisa sampai pantai?

Bis besar bisa sampai ke Pantai Serang Blitar. Tim Jelajah Blitar melihat ada 2 unit bus besar yang parkir di Pantai Serang saat Serang Culture Festival

Apakah ada Penginapan di Pantai Serang?

Ada rumah warga yang bisa digunakan untuk menginap, namun belum ada standard fasilitas untuk homestay.

Apakah bisa camping di Pantai Serang?

Pengunjung bisa camping di pantai serang, bahkan kalau mau bawa rombongan juga bisa kok. Ada camping ground sekaligus outbond untuk yang mau outing ke Pantai Serang

Apakah ada penjual ikan bakar di Pantai Serang

Ada banyak penjual makanan di Pantai Serang, berbagai penjual ikan bakar juga tersedia di pantai ini.

Promo Shopee Agustus

About the author

Menjelajahi Blitar sejak 2014. Temukan kami di Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok