Pantai di Blitar enak buat camping
Foto diatas camping di Pantai Serang

Pantai di Blitar yang enak buat camping – Blitar memiliki banyak sekali pantai, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai adalah camping. Menikmati malam beratapkan bintang menjadi salah satu favorit para kawula muda bahkan yang sudah berumur, karena untuk menuju pantai tidak butuh perjuangan yang begitu susah seperti ketika harus camping di ketinggian (baca: naik gunung).

Pada kesempatan ini, Jelajah Blitar ingin berbagi informasi daftar pantai di Blitar yang enak buat camping bersama teman maupun keluarga  di akhir pekan maupun liburan. Adapun kriteria enak untuk camping menurut kami adalah adanya fasilitas pendukung seperti ketersediaan air bersih dan sejenisnya. Akan kami jelaskan di masing-masing tempatnya. Berikut daftarnya

Baca : Pantai di Blitar yang Aksesnya Mudah untuk Mobil

Pantai Serang

Camping di Pantai Serang
Camping di Pantai Serang

Pantai serang merupakan pantai paling mudah dan nyaman untuk camping, terutama bersama keluarga. Akses menuju pantai super duper mudah dan bisa diakses roda dua maupun empat serta parkir kendaraan yang cukup luas membuat pantai ini sering digunakan untuk camping sekaligus gathering komunitas. Tempat mendirikan tenda bisa dibilang cukup luas, sehingga tidak heran jika hari minggu banyak sekali tenda di pantai serang.

Fasilitas pantai serang juga bisa dibilang cukup komplit dengan adanya air bersih, warung-warung yang senantiasa buka ketika terutama akhir pekan membuat mereka yang camping tidak harus membawa bekal logistik karena bisa membeli di warung sekitar pantai.

Ada banyak event yang diselenggarakan di pantai serang, terutama bulan Agustus – dan September yang dikenal dengan Serang Festival. Kalau memang berniat kemping di pantai serang, ada baiknya datang sebelum pukul 4 sore, karena pantai serang merupakan salah satu pantai dengan pemandangan sunset terindah di Blitar.

HTM pantai serang kalau tidak salah cuma sekitar Rp. 5.000/orang

Pantai Pangi

Selain pantai serang, pantai pangi juga cukup digemari untuk camping. Selain ketersediaan air bersih dan beragam fasilitas seperti warung yang selalu menyediakan bahan logistik, pantai pangi memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga tidak sedikit dari para pengunjung yang bermain air laut di pantai ini.

Daya tarik lain dari pantai pangi ini adalah spot memancing yang menyenangkan terutama ketika air sedang surut. Sayangnya pantai inii tidak cukup luas untuk menampung ribuan tenda karena bentang pantainya juga tidak terlalu luas. Tidak heran jika di penghujung tahun, pantai ini selalu penuh tendapengunjung. Seperti yang pernah dilakukan temen-temen Jelajah Blitar menikmati camping di pantai pangi.

Kalau mau camping di pantai pangi kita bisa memilih lokasi di dekat muara sungai atau di pantai. Kami sarankan jangan di bibir pantai, karena terkadang air bisa meluap melewati pantai dan agak ke tengah, daripada bingung memindahkan tenda, ada baiknya sterilkan kawasan bibir bibir pantai.

HTM Pantai pangi kalau tidak salah Rp. 8.000/ orang (bisa dibilang ini htm pantai paling mahal di Blitar)

Pantai Pasir Putih dan Peh Pulo

Pantai Pasir Putih Sumbersih
Pantai Pasir Putih dekat Pantai Peh Pulo yang enak buat camping

Pantai pasir putih sumbersih merupakan pilihan terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk camping. Pantai dengan pemandangan pagi yang memikat bak raja ampat karena terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang tampak membuat setiap penikmatnya selalu terpukau.

Saat ini sudah ada sumber air bersih meski jangan harap ada warung yang senantiasa buka seperti pantai serang dan pantai pangi. Sehingga sangat disarankan untuk membawa logistik yang cukup karena jaraknya cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Ada dua tempat yang bisa kamu gunakan untuk camping, di bagian bawah pohon cemara udang atau di bagian bukit sebelah barat. Pemandangan di bukit sebelah barat keren ketika pagi hari dengan konsekuensi angin yang cukup kencang juga.

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro untuk Camping
Pantai Jolosutro sisi tengah untuk Camping

Pantai Jolosutro yang terletak di sebelah timur Blitar ini konon juga menjadi tempat camping favorit. Untuk sumber air bersih, pantai ini memiliki cukup untuk para camping mania. Kamar mandi pun juga berderet seperti di Pantai serang.

Sebagai pantai dengan bentang paling luas di Blitar, Pantai Jolosutro ini biasanya digunakan untuk kegiatan melasti menjelang hari raya Nyepi. Jadi jangan camping di pantai ini ketika melasti berlangsung karena super duper rame banget.

Pantai jolosutro memiliki 3 bagian, yaitu pepohonan cemara udang yang rapat dan rindang di sebelah timur, pepohonan cemara udang besar yang tidak terlalu rangkat dan tanah lapang di bagian tengahnya dan bagian barat cukup gersang karena pepohonan belum cukup tinggi.. Tempat yang sepertinya nyaman digunakan untuk camping adalah sisi tengah pantai jolosutro.

Pantai Jebring

Pantai Jebring
Pantai Jebring

Pantai yang berada di desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar ini menjadi selain cukup digemari untuk camping juga untuk memancing. Pepohonan cemara udang sudah mulai tinggi sehingga cukup teduh untuk camping ceria bersama teman-teman.

Sumber air bersih berasal dari muara sungai di sisi barat pantai jebring. Belum ada fasilitas semacam kamar mandi dan sejenisnya di pantai ini. Sehingga benar-benar camping di daerah yang sepi, sehingga cukup seru untuk yang mau belajar survival :D.

Persiapkan semua logisiknya dengan benar, karena jarak dari warung juga lumayan jauh dengan akses jalan yang tak begitu mulus.

Semoga informasi tentang daftar pantai di Blitar yang enak buat camping di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman yang berniat camping di pantai Blitar. Sebenarnya ada banyak pantai lain di Blitar, namun tidak semua pantai enak buat camping karena beberapa faktor.

Baca juga : Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Jika ada pertanyaan seputar pantai di Blitar yang enak buat camping, tuliskan pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Incoming search terms:

  • pantai blitar yang bisa buat ngecamp
  • pantai yang cocok untuk ngecamp blitar
  • tempat camping pantai peh pulo
  • Wisata camping bli
  • wisata pantai blitar buat camping
Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram - facebook - youtube untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

4 COMMENTS

    • untuk persewaan di pantai kurang tahu, namun di pantai serang / pangi biasanya ada kok. Untuk harganya kurang tahu. Ada baiknya membawa tenda sendiri sebelum datang ke pantai karena takutnya tendanya tidak tersedia ketika datang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here