Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar – Gunung Butak merupakan salah satu gunung populer di kalangan para pendaki. Puncak gunung butak berada di ketinggian 2.868 mdpl dekat gunung Kawi, Jawa Timur. Salah satu jalur pendakian yang sering digunakan para pendaki adalah via Kebun Teh Sirah Kencong Blitar. Pada kesempatan ini Jelajah Blitar mau berbagi informasi tentang jalur pendakian ke Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar.

Postingan kali ini ditulis berdasarkan pendakian terakhir menuju puncak Gunung Butak via Sirah Kencong pada bulan Desember 2017.

Back
Next

Persiapan Pendakian ke Gunung Butak via Sirah Kencong

Sebelum melakukan pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar, pastikan kalau sudah membawa persiapan yang matang sesuai dengan kondisi yang akan dialami. Berikut beberapa tips dari tim Jelajah Blitar yang beberapa waktu lalu berhasil sampai puncak

  • Masing-masing pendaki dalam rombongan membawa MINIMAL 2 botol air mineral 1.5 liter. Karena sepanjang perjalanan menuju Gn. Butak via Sirah Kencong tidak ada sumber mata air. Sumber mata air terakhir bisa didapatkan di dekat Brak Papat. Selain itu ada di Padang Savana yang harus melalui puncak terlebih dahulu
  • Persiapkan tenda, jaket tebal, matras dan sleeping bag, karena kondisi di puncak ketika malam memiliki suhu antara 0 – 10 derajat. Sedangkan siang, tidak lebih dari 15 derajat. Jangan sampai mengalami hipotermia.
  • Tidak ada petunjuk jalur pendakian dari kebun teh Sirah Kencong menuju ke Wukir Negoro. Setelah sampai wukir negoro jalur pendakian sudah mudah diingat. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang apabila ragu. Selain itu ada baiknya bertanya secara detail di pos satpam untuk rute menuju ke Wukir Negoro karena kebun teh cukup luas.
  • Disarankan menggunakan celana panjang dan sepatu untuk pendakian, karena cukup banyak pacet dari Kebun Teh sampai ke Pos 2.
  • Siapkan logistik dan obat-obatan yang cukup untuk pendakian dan jangan lupa untuk mempersiapkan fisik yang kuat. Konon kata pendaki senior, pendakian gunung butak via sirah kencong termasuk yang cukup melelahkan di Jawa Timur.
Back
Next

4 COMMENTS

Leave a Reply