Sumber Kali Mbalang

Sumber Kali Mbalang merupakan salah satu sumber mata air yang kini dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata di Kota Blitar. Berada di Dusun Sawahan, Kelurahan Klampok, Kota Blitar mata air ini dikelola oleh masyarakat setempat dan berhasil menarik kunjungan wisatawan lokal yang cukup banyak, terutama di akhir pekan.

Sumber / Belik Kali Mbalang ini sebelumnya pernah juga disebut dengan Sumber Ubalan. Namun kini kembali menggunakan nama awal yaitu kali Mbalang. Warga Kota Blitar tidak perlu jauh-jauh pergi ke Sumber Kandangan untuk berenang di sumber mata air.

Apa Menariknya?

Mbelik Kali Mbalang di Sawahan, Klampok, Kota Blitar

Jelajah Blitar sudah beberapa kali main ke tempat ini, bahkan sebelum dikelola oleh masyarakat. Mbelik yang tadinya singlu dan memiliki kesan angker berhasil di sulap menjadi tempat yang cocok untuk semua umur. Nggak ada lagi kesan angker meski berada di dekat pemakaman umum

Infrastruktur di sumber mata air juga telah direnovasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Setidaknya sungai ini dibagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama berada tepat di bawah pohon beringin yang notabene merupakan sumber mata air. Bisa dibilang cukup dalam sehingga kurang cocok untuk anak-anak kecil. Sedangkan bagian kedua berada di bawah aliran sungai yang cocok untuk anak-anak.

Warga sekitar juga membuka lapak di sekitar sumber kali mbalang

Lokasi Kali Mbalang

Banyak yang bertanya tentang lokasi Kali Mbalang ini, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mbelik ini berada di Lingkungan Sawahan, Kelurahan Klampok, Kota Blitar. Tidak jauh dari terminal Kota Blitar.

Apabila berangkat dari Alun-Alun Kota Blitar, bisa ambil ke selatan menuju Jl. Mastrip. Dari jalan mastrip ke timur sampai di perempatan lampu merah Jl. Veteran. Ambil ke selatan terus arah terminal (Jl. Kenari)

Dari Jl. Kenari ambil ke timur menuju ke Jl. Sulawesi. Ketika memasuki jalan sulawesi, nggak perlu ngebut. Cukup jalan saja, nanti ada petunjuk arah gang menuju ke sumber kali mbalang ini. Apabila masih bingung dengan arah tersebut. Bisa ikuti Google Maps di Bawah ini

https://goo.gl/maps/zkyGwRMjuBUNZiBm8

Operasional Kali Mbalang

Setahu kami, kawasan wisata ini buka sejak pagi sekitar pukul 7 sampai sore pukul 5 sore. Tidak ada tiket masuk di kawasan ini. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir yang nantinya digunakan untuk pengembangan kawasan ini.

Tertarik untuk main ke Kali Mbalang? Bagikan artikel ini melalui group whatsapp maupun akun media sosial milikmu.

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

Categories