Aloon Aloon Blitar
Aloon Aloon Blitar

Se-karesidenan Kediri, Blitar merupakan kota dengan aloon-aloon yang paling luas. Aloon – Aloon Blitar merupakan salah satu peninggalan perjalanan sejarah Kabupaten Blitar yang dibangun bersamaan dengan Pendopo Ronggo Hadi Negoro yang terletak di sebelah utara aloon-aloon. Nama pendopo diambil dari nama bupati Blitar pertama yaitu R.M. Aryo Ronggo Hadinegoro.

Dalam pembangunan aloono-aloon Blitar, diterapkan sebuah pakem yang juga digunakan oleh daerah-daerah di wilayah Jawa pada umumnya, yakni dikelilingi oleh kediaman penguasa pada bagian utara, penjara pada bagian timur, kantor pemerintahan pada bagian selatan, dan masjid pada bagian barat.

Begitulah sejarah singkat tentang aloon-aloon Blitar yang kini telah berubah fungsi, yang tadinya untuk kegiatan-kegiatan sakral dan kini telah berfungsi sebagai taman kota yang menjadi tempat berbagai macam kegiatan masyarakat. Apalagi dilengkapi dengan jogging track dan sarana fitness sederhana membuat masyrakat gemar menikmati kesejukan udara pagi sambil berolahraga di aloon-aloon Blitar.

Pintu selatan Aloon Aloon Blitar
Pintu selatan Aloon Aloon Blitar

Aloon Aloon Blitar dikelilingi oleh pohon beringin, di bagian tengahnya juga terdapat sebuah pohon beringin yang diberi pagar. Selain digunakan untuk berolahraga, aloon – aloon Blitar juga digunakan untuk ragam kegiatan pemerintahan seperti upacara dan rangkaian kegiatan kenegaraan lainnya.

Bagian utara aloon – aloon terdapat dua buah bangunan semacam pendopo. Sedangkan kendaraan bisa masuk melalui pintu selatan. Pintu utara tidak dapat diakses oleh kendaraan. Sehingga parkir kendaraan di bagian dalam aloon-aloon sisi selatan dengan biaya parkir yang cukup kontroversial, yaitu Rp. 5.000 untuk sekali parkir. Meksi sering mendapat teguran dari dinas terkait, namun fakta di lapangan, biaya parkira berkisar Rp. 3.000 – Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan parkir resmi hanya Rp. 2.000 untuk sekali parkir.

Pemandangan indah ketika sore juga bisa dinikmati di aloon – aloon Blitar. siluet masjid agung Blitar dengan warna kejingga-jinggaan menarik pengunjung untuk sekedar berhenti sejenak menikmati sore sambil menyaksikan anak-anak bermain sepak bola.

Salah satu tempat wisata baru di Blitar terletak di sebelah selatan aloon-aloon adalah taman pecut.

Lokasi Aloon – Aloon Blitar

Aloon – Aloon Blitar terletak di pusat kota yang berada di Jalan Merdeka Kota Blitar. Untuk info detail lokasi aloon – aloon ini bisa melihat peta di bawah ini.

Semoga informasi seputar aloon – aloon Blitar dari Jelajah Blitar bisa membantu.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!