Pesona Pantai Dung Dowo di Ngadipuro

Desa Ngadipuro di Wonotirto Kabupaten Blitar memiliki sepuluh pantai yang aksesnya bisa dibilang masih cukup sulit. Bahkan beberapa pantainya butuh usaha lebih untuk bisa mencapainya. Pantai Dung Dowo merupakan salah satu pantai yang aksesnya cukup sulit.

Akses menuju Pantai Dung Dowo ini sama dengan rute ke Pantai Bakung. Kedua pantai tersebut hanya dipisahkan dengan sebuah bukit yang cukup eksotis. Sehingga apabila berencana pergi ke Pantai Dung Dowo, jangan sampai melewatkan mampir ke Pantai Bakung.

Sayang banget usaha yang sudah dikeluarkan kalau nggak bisa menikmati keindahan pantai perawan di Blitar ini.

Suasana Pantai Dung Dowo

Pantai Dung Dowo Blitar

Pantai Dung Dowo memiliki bentang pantai yang tidak seberapa luas. Bahkan cenderung sempit, sehingga lebih cocok digunakan untuk singgah sebentar dan berfoto-foto dibanding menghabiskan waktu di Pantai ini. Bahkan ketika ombak pasang, hampir nggak ada pasir pantai yang nggak basah.

Oleh karena itu Jelajah Blitar sarankan kamu untuk bermain di Pantai Bakung saja dibandingkan pantai dung dowo ini. Apalagi ombak yang menghantam pantai ini juga bisa dibilang cukup besar. Meski bentuk pantainya berada dalam cekungan dua bukit seperti di pantai pangi namum ombaknya jauh lebih besar.

Pantai dengan pasir putih ini tidak disarankan untuk digunakan berenang, karena sedikit ke tengah sudah banyak bebatuan karang yang menyakitkan apabila terinjak. Sebuah batu tampak berdiri kokoh di tengah pemandangan pantai. Mirip dengan Pantai Pudak dan Pantai Bakung yang mengapit pantai Dung Dowo ini.

Rute dan Akses

Akses jalan ke Pantai Dung Dowo

Seperti yang sudah dibahas di atas, rute menuju ke Pantai Dung Dowo sama dengan rute ke Pantai Bakung, yaitu

Kota Blitar ke selatan arah Kanigoro. Dari Perempatan Kanigoro ambiil arah ke selatan menuju ke Lodoyo / Sutojayan. Sesampainya di Sutojayan ambil rute ke selatan terus dengan rute ke desa Ngeni. Melewati tanjakan Ndogong yang kini kondisinya sudah cukup baik setelah di cor. Ikuti jalan utama terus sampai ke desa Ngeni.

Sesampainya di pasar Desa Ngeni, ambil rute ke selatan terus mengikuti jalan sampai menemukan pertigaan dengan pohon beringin di tengah. Dari pertigaan tersebut ambil ke kanan, karena apabila ambil kiri merupakan rute alternatif menuju ke Pantai Serang. Ikuti jalan utama terus sampai menemukan perempatan besar dengan papan petunjuk arah pantai.

Kalau mau nekat datang ke pantai eksotis di Blitar ini, pastikan bahwa kamu datang tidak di musim penghujan dimana jalan akan semakin sulit. Selain itu pastikan kondisi fisik kuat. Tidak lupa kondisi kendaraan yang juga fit. Jangan nekat bawa mobil pendek, karena siap-siap ngerepotin orang banyak 😀

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

Pesona Pantai Dung Dowo di Ngadipuro 1

Categories