Pantai Pangi Blitar

shopee aff
Bermain Air di Pantai Pangi
Bermain Air di Pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar merupakan salah satu pantai di Blitar yang bisa digunakan untuk camping. Biasanya banyak wisatawan dari Blitar maupun luar Blitar yang camping di pantai ini ketika akhir pekan.

Secara administratif pantai ini terletak di Desa TumpakKepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini berada di sebuah teluk yang membuatnya berbeda dengan pantai-pantai lain di Blitar.

Secara geografis, pantai pangi terletak di sebuah teluk kecil. Kondisi geografis ini membuat pantai ini memiliki ombak yang relatif lebih kecil dibandingkan pantai lain di Blitar. Sehingga banyak orang yang bisa bermain-main dengan ombak di pantai ini. Tentunya para pengunjung tetap harus waspada.

Suasana Pantai Pangi

Muara sungai di sebelah timur dengan warna air yang tampak hijau inibisa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Sepengetahuan Jelajah Blitar, sumber mata air ini sama dengan mata air yang menggenangi di dalam Gua Umbultuk.Pengunjung juga bisa naik perahu untuk berkeliling muara sungai.

Pepohonan cemara udang yang cukup rimbun di pesisir pantai membuat siapapun yang berkunjung ke pantai ini bisa berteduh di bawahnya.

Aktivitas di Pantai Pangi Blitar

Memancing di Pantai Pangi

Apabila mencari pantai yang enak buat camping, pangi merupakan salah satu pantai paling enak untuk camping di Blitar. Lokasinya yang mudah dijangkau dan sumber air yang melimpah membuat pantai ini selalu ramai wisatawan camping ketika akhir pekan.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, seperti kamar mandi, mushola, bahkan warung makan yang buka hingga larut malam. Cek juga: Pantai Serang Blitar, yang punya banyak event menarik

Wisatawan Pantai Pangi

Selain bersantai dan bermain air di pantai, anda juga bisa menikmati pantai pangi dengan memancing. Tidak sedikit wisatawan yang memancing di pantai ini, terutama ketika air laut surut.

Ada banyak jenis ikan yang bisa ditangkap, salah satu ikan yang cukup digemari untuk dipancing adalah Ikan Ancang-Ancang yang memiliki duri berwarna kebiruan. Biasanya warga sekitar apabila sedang musim ikan ini mengolahnya dengan cara membakar dengan sambal kecap yang mantap.

Rute ke Pantai Pangi

Apabila anda ingin menikmati akhir pekan di pantai pangi, anda bisa mengikuti rute ke arah pantai tambakrejo. Dari Blitar Kota menuju selatan ke Kademangan. Ikuti petunjuk Pantai Tambakrejo.

Sesampainya di perempatan gawang anda bisa ambil arah selatan menuju ke Pantai Tambakrejo. Ikuti terus jalan hingga anda menemukan sebuah pertigaan yang tidak terlalu besar dengan pohon beringin di bagian tengahnya, ambil arah kanan ke Goa Embultuk.

Ikuti jalan utama terus sampai tiba di perempatan kantor desa Tumpak Kepuh. Ambil jalur lurus terus hingga sampai di pantai.

Kendaraan roda dua tiga dan empat bisa sampai lokasi. Namun Jelajah Blitar sarankan untuk tetap parkir kendaraan di atas. Karena medan  menuju pantai cukup sulit dengan jalan berbatu dan tanah. Apalagi kalau basah becek dan sangat sulit dilalui. Dari parkiran atas menuju pantai hanya butuh jalan sekitar 200 meter saja.

Jika masih kesulitan untuk menemukan jalan ke pantai, kamu bisa menggunakan petunjuk dari Google Maps.

HTM Pantai Pangi

Naik Perahu di Pantai Pangi

Harga Tiket Masuk pantai pangi (januari 2023) sebesar 8000 rupiah. Sedangkan untuk naik perahu di muara sungai dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 / orang untuk dua putaran.

Apabila mengunjungi pantai ini di hari biasa, tidak ada petugas yang menarik uang HTM. Jadi bisa langsung masuk aja tanpa bayar. Biasanya setelah jam 2 siang pun sudah nggak ada lagi petugas yang menarik HTM.

Karena sunset di sini tidak terlalu bagus, biasanya pengunjung yang hendak camping itu datang sekitar pukul 7 malam.

Update di tahun 2023, tiket masuk pantai pangi Rp10.000

Video di Pantai Pangi

Wisata Sekitar Pantai Pangi

Kalau kamu memutuskan untuk camping di pantai pangi, ada beberapa rekomendasi tempat wisata sekitar pantai ini yang bisa kamu kunjungi lho

Gua Umbultuk

Dalam Goa umbultuk

Gua Umbultuk tidak terlalu jauh dari Pantai Pangi. Masih sama-sama terletak di Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung. Kab. Blitar. Konon gua ini menjadi salah satu tempat persembunyian PKI pada zaman pemberontakan di masa lampau.

Untuk masuk dan menyusuri gua ini, para pengunjung diharuskan menggunakan jasa guide warga sekitar yang sudah mengetahui kondisi dalam gua. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk masuk dan keluar dai gua ini.

Satu guide lokal bisa membawa rombongan hingga 7 orang dengan biaya Rp50.000 (tahun 2016). Tarifnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca: Jelajahi Wisata Gua Umbultuk

Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Pangi berada tidak terlalu jauh dengan Pantai Tambakrejo Blitar. Butuh waktu sekitar 20an menit dari untuk menuju ke Pantai Tambakrejo.

HTM ke Pantai Tambakrejo ini Rp10.000 per orang. Tarif ini berlaku mulai tahun 2023. Baca selengkapnya tentang pantai tambakrejo di sini.

Pertanyaan Seputar Pantai Pangi

Berikut beberapa pertanyaan seputar pantai pangi yang biasa ditanyakan oleh netizen

Apakah bisa membawa bis ke Pantai Pangi?

Sampai saat ini Jelajah Blitar belum pernah tahu ada bis yang dibawa ke Pantai ini, kendaraan paling besar yang pernah kita lihat adalah Elf Long berkapasitas 18 orang

Apakah ada penjual ikan bakar di Pantai Pangi?

Ada beberapa penjual ikan bakar di Pantai Pangi yang senantiasa buka terus menerus, sehingga bisa kapan aja makan. Paling kalau sedang istirahat malam penjualnya ya tidur

Apakah ada sinyal di Pantai Pangi?

Hampir tidak ada sinyal, beberapa operator seluler mendapatkan sinyal ketika masih di parkiran atas, namun di parkiran bawah sudah nggak ada sinyal

Apa kendaraan bisa sampai pantai?

Saat ini kendaraan roda dua maupun empat bisa dibawa turun sampai pantai lho. Jadi nggak usah jalan jauh-jauh. Kalau mau parkir di atas bisa jalan kaki melewati jembatan untuk sampai ke pantai. Jaraknya tidak terlalu jauh

Jelajah Blitar

About Jelajah Blitar

Menjelajahi Blitar sejak lama. Temukan kami di Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok

Bagikan:

Related Post