Menjelajahi Keindahan Pantai Bakung di Desa Ngadipuro, Blitar

0
506
Pantai Bakung Blitar
Pantai Bakung Blitar

Jelajah Blitar – Desa Ngadipuro di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar merupakan desa yang memiliki pantai paling banyak seantero Blitar. Tengok saja Pantai Keben, Pantai Jebring dan Pantai Pudak yang menjadi beberapa “Hidden Gems” untuk kategori pantai di Blitar.

Beberapa waktu lalu, Jelajah Blitar sempat berkunjung ke salah satu pantai yang ada di desa Ngadipuro yang bernama Pantai Bakung. Meski sekilas namanya sama dengan salah satu kecamatan di ujung barat Blitar. Nyatanya pantai Bakung ini tidak terletak di Kecamatan Bakung, tetapi Wonotirto.

Suasana Pantai

Pantai Bakung dari atas bukit

Pantai Bakung sekilas mirip dengan Pantai Pudak yang sudah pernah Jelajah Blitar kunjungi sebelumnya. Memiliki pemandangan sebuah batu yang berada ke tengah. Namun juga mirip dengan Pantai Pasetran Gondomayit yang memiliki batu menonjol pada bagian pantai.

Sedangkan pesisir pantainya sendiri terdapat banyak bebatuan yang kurang begitu nyaman digunakan untuk berenang. Karena ombak yang besar membuat bebatuan di pinggir pantai ini terseret arus. Dapat melukai siapapun yang diterjang. Sehingga tidak disarankan berenang di Pantai Bakung ini.

Jika ingin bermain air, bisa dilakukan di sisi barat yang tidak memiliki terlalu banyak bebatuan. Cenderung lebih aman dari bebatuan yang terseret air yang berpotensi melukai siapapun.

Rute ke Pantai

Rute ke Pantai Bakung sama dengan rute ke Pantai Pudak. Ada sebuah pertigaan sebelum pantai Bakung dengan petunjuk arah seadanya untuk yang mau ke Pantai ini. Mungkin nantinya akan ada perubahan rute apabila Jalur Lintas Selatan Blitar yang sekarang sedang digarap ini rampung.

Jika diurutkan, dari kota Blitar menuju ke Pantai Bakung kurang lebih rutenya seperti berikut ini

Kota Blitar ke selatan arah Kanigoro. Dari Perempatan Kanigoro ambiil arah ke selatan menuju ke Lodoyo / Sutojayan. Sesampainya di Sutojayan ambil rute ke selatan terus dengan rute ke desa Ngeni. Melewati tanjakan Ndogong yang kini kondisinya sudah cukup baik setelah di cor. Ikuti jalan utama terus sampai ke desa Ngeni.

Sesampainya di pasar Desa Ngeni, ambil rute ke selatan terus mengikuti jalan sampai menemukan pertigaan dengan pohon beringin di tengah. Dari pertigaan tersebut ambil ke kanan, karena apabila ambil kiri merupakan rute alternatif menuju ke Pantai Serang. Ikuti jalan utama terus sampai menemukan perempatan besar dengan papan petunjuk arah pantai.

Ambil lurus untuk menuju ke rute pantai pudak, pantai bakung dll. Ikuti jalan terus sampai menemukan pertigaan dengan petunjuk arah baru menuju ke Pantai Bakung yang ambil rute ke kanan. Butuh waktu sembilan puluh menit dari kota Blitar untuk menuju ke Pantai Bakung ini.

Kondisi Jalan

Kondisi Jalan ke Pantai Bakung

Dari Kota Blitar menuju ke Lodoyo, jalan bisa dibilang cukup bagus. Memasuki kawasan hutan sebelum Ndogong kondisi jalan berubah menjadi beton cor. Selama perjalanan akan melewati jalan tambal sulam antara cor dan aspal. Pembangunan belum selesai sepenuhnya. Jalanan akan di dominasi cor sampai Desa Ngadipuro.

Jalan rusak berupa tanah dan makadam bisa ditemui ketika meninggalkan pemukiman warga terakhir menuju ke Pantai. Kondisi jalan menuju ke Pantai Bakung ini bisa dibilang yang paling sulit. Bahkan lebih sulit dibandingkan dengan Pantai Pudak yang sebelumnya sudah menjadi kondisi jalan paling sulit.

Tidak disarakan menggunakan motor matic. Bahkan setelah hujan turun juga sangat tidak disarankan untuk naik motor bebek sekalipun. Kecuali kalau naik motor trail masih bisa lah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here