Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum
Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum

Pernah coba Pendakian Gn. Kelud lewat Karangrejo, Garum? Karena selama ini pendakian kelud via Tulungrejo lebih populer dibandingkan Karangrejo. Kalau gak salah, dulu sekitar tahun 2015 akhir ada rumor kalau Pemerintah Kabupaten Blitar akan membangun rute wisata ke Gunung Kelud lewat Karangrejo, Garum. Tapi gak tau lagi gimana kelanjutannya.

Setelah tertunda beberapa purnama, akhirnya Jelajah Blitar keturutan juga buat melakukan pendakian kelud via Karangrejo. Sehingga bisa menyajikan informasi yang akurat buat teman-teman yang berencana mencoba melakukan pendakian gunung kelud lewat karangrejo.

Jika dibandingkan dengan lewat Tulungrejo, pendakian lewat karangrejo lebih mudah kok. Jalur landai juga lebih banyak kok. Apalagi pulangya, mungkin gak sampai 2 jam sudah bisa sampai bawah. Jadi cocok kalau mau pengen belajar untuk naik gunung.

Menuju Pos Pendakian Gn Kelud di Karangrejo

Pos pendakian Gunung Kelud di Karangrejo hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Jarak dari kampung terdekat sekitar 6km, jadi pastikan kalau logistik benar-benar sudah cukup. Kalau ada yang ketinggalan dan mau belanja sesuatu jauh cuy.

Saat ini hanya tersedia parkir untuk kendaraan roda dua. Cukup bingung juga kalau bawa roda empat mau diparkir dimana.

Rute dari Kota Blitar menuju pos pendakian Gunung Kelud di Karangrejo, Garum adalah sebagai berikut ini

  • Dari kota Blitar ambil rute ke timur sampai perempatan Garum
  • Ambil rute ke utara sampai pertigaan tong Ds. Sidodadi
  • Ambil rute ke utara lagi sampai notok jeduk
  • Ambil rute ke timur akan melewati Tugu Pasar Karangrejo
  • Ikuti jalanan aspal utama yang akan berbelok ke arah utara sampai perempatan SDN Karangrejo 04
  • Ambil rute ke timur sampai menemukan perempatan dengan pos kamling RW 12
  • Ambil rute ke utara (ada petunjuk arah Kelud)
  • Ikuti petunjuk arah sampai ke Pos Pendakian Gn. Kelud

Kondisi jalan cukup mudah untuk sampai desa terakhir, memasuki kawasan hutan jalan akan didominasi makadam dan pasir. Cukup siapkan kondisi motor saja apabila menuju ke lokasi ini.

Persiapan Pendakian

Berbeda dengan pendakian Gunung Kelud lewat Tulungrejo, pendakian melalui Karangrejo ini tersedia sumber mata air yang kemarin gak sempat kami kunjungi. Karena terlanjur kehujanan. Jadi ada baiknya kalau musim kemarau membawa perbekalan air minum yang cukup karena takutnya sumber mata air kering.

Estimasi 4 jam sudah bisa kok sampai puncak untuk yang suka berjalan santai. Sedangkan kalau mau cepat, sepertinya dalam waktu dua jam saja sudah bisa mencapai puncak gunung kelud lewat rute ini.

Biaya pendakian Gunung Kelud via Karangrejo antara lain

  • Rp. 5.000 untuk setiap orang
  • Rp. 5.000 untuk parkir motor

Rute Pendakian Gn Kelud via Karangrejo

Puncak gunung kelud berada di ketinggian 1731 mdpl yang dibagi menjadi sekitar 5 pos yang cukup dekat jarak antar posnya. Terutama dari pos pertama sampai pos ketiga. Apabila mau, sebenarnya motor bisa dibawa sampai ke pos 3. Namun cukup berbahaya kalau musim hujan, jadi mending jalan dari bawah. Perjalanan dari pos 1 – pos 3 hanya 45 menitan. Tapi ya terserah kalau mau bawa motornya naik.

Pos Pendakian – Pos 1

Perjalanan sekitar 20 menitan dengan kondisi jalan menanjak cukup panjang. Kalau mau bawa motor naik, tanjakan di sini merupakan yang tertinggi dan terpanjang. Jadi kalau sudah bisa melewati tanjakan panjang ini, selanjutnya di dominasi jalanan yang landai.

Pohon cukup rindang, sehingga untuk jalan ketika siang hari juga tetep nyaman-nyaman aja sih. Jalan juga cukup lebar dengan suasana hutan yang benar-benar syahdu

Pos 1 – Pos 2

Tidak ada tanjakan yang begitu berarti, jalan cenderung landai dengan banyak pepohonan di kanan kiri jalan. Jalan juga bisa dibilang cukup luas dan nyaman untuk para pendaki. Tidak ada perubahan yang cukup berarti dibangikan pos sebelumnya.

Perjalanan hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari pos 1 ke pos 2. Menurut Jelajah Blitar, jarak ini terlalu dekat untuk sebuah pos. Kondisi pos juga cukup landai, kalau mau camping di sini juga bisa.

Pos 2 – Pos 3

Masih sama dengan pos sebelumnya, kondisi jalan yang bisa dibilang cukup lebar dengan pepohonan di sebelah kanan kiri juga membuat perjalanan di siang hari pun tetap nyaman. Rindangnya pohon dengan angin yang berhembus membuat sejuk meskipun berjalan di siang bolong.

Pos 3 merupakan titik terakhir dimana motor bisa dibawa, tidak jauh dari pos 3, terdapat spot foto gunung kelud yang bisa kamu abadikan.

Pemandangan Pos 3 Gunung Kelud
Pemandangan Gn. Kelud dari Pos 3 via Karangrejo

Pos 3 – Pos 4

Kondisi jalan dari pos 3 ke pos 4 sudah mulai berubah, tumbuhan sudah mulai di dominasi semak belukar dengan kondisi jalan yang sempit karena terletak di punggungan bukit. Mulai ada turunan dan tanjakan yang bisa dibilang masih ringan.

Tidak butuh waktu lama, mungkin sekitar 10 – 15 menit kamu sudah sampai ke pos 4. Pos 4 merupakan tempat terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membangun tenda. Terdapat anak panah untuk sumber mata air yang menandakan ada sumber mata air di rute ini. Sayangnya kemarin gak sempat buat nengok karena pulangnya kehujanan sangat deras.

Pos 4 – Puncak Botak

Selepas pos 4, bisa dibilang kamu akan mulai mendaki beneran. Kondisi jalan sudah mulai menanjak. Jalanan pun sempit, pepohonan semak belukar pun mendominasi. Meski ada beberapa pepohonan tinggi yang cukup membantu untuk memberikan keteduhan.

Setidaknya ada 3 tangga besi yang dipasang untuk mempermudah pendakian di titik yang cukup curam. Setelah selesai menyusuri punggungan bukit, sampai juga di batas vegetasi. Kawasan botak tanpa pepohonan yang ada hanya dominasi pasir diberinama puncak botak.

Menuju Puncak Botak, Batas Vegetasi di Gn Kelud
Menuju ke Puncak Botak di Gn Kelud

Pada banner yang terpasang di parkiran motor, kawasan ini bernama Bukit Pasir Jenggolo Manik. Untuk melewati ini butuh waktu sekitar 15 – 20 menitan. Sebelum menurun menuju ke Lembah Jotho Suro

Bukit Pasir Jenggolo Manik – Lembah Jotho Suro

Menuju Puncak Gunung Kelud via Karangrejo
Menuju Puncak Gunung Kelud via Karangrejo

Perjalanan juga cuma sekitar 10 – 20 menitan dari Bukit Pasir melewati Lembah Jotho Suro yang tak memiliki vegetasi sama sekali. Ini merupakan spot foto cukup menarik dengan jalan setapak di gunung kelud. Dari lembah ini pendaki dapat mendengarkan suara motor para pelancong gunung kelud via Kediri.

Menuju Puncak Gunung Kelud

Dinding ratapan menuju puncak Gunung Kelud via Karangrejo
Dinding ratapan menuju puncak Gunung Kelud via Karangrejo

Dari lembah Jotho Suro yang instagramable, perjalanan menuju ke puncak Gunung kelud akan melalui dinding ratapan. Pendaki harus merangkat menaiki tebing yang cukup sulit. Tidak heran kalau butuh waktu sekitar 30 menit untuk melewati dinding ratapan ini.

Puncak Lembu Suro 1731 mdpl

Puncak Lembu Suro di Gn. Kelud via Karangrejo
Puncak Lembu Suro di Gn. Kelud via Karangrejo

Namun pemandangan di puncak gunung kelud ini akan terbayar lunas ketika sampai di puncak Lembu Suro di ketinggian 1731 mdpl. Dari puncak ini juga pendaki bisa melihat langsung bagaimana kondisi kawah terkini di gunung kelud yang sudah mulai terisi air.

Berikut penampakan kawah Gunung Kelud terbaru

Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo, Garum, Blitar 1

Perjalanan Turun

Perjalanan turun dari puncak ke pos 1 butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk yang berjalan santai. Kalau mau lari cepet ya paling satu jam sudah bisa sampai bawah kok. Berhubung kemarin kehujanan sampai pos bawah. Gak sempat lagi buat ambil gambar ketika turun ke bawah.

Pertanyaan Umum

  • Berapa lama perjalanan menuju puncak kelud dari Karangrejo Garum ini?
    • Untuk trail run mungkin 2 – 3 jam sudah sampai
    • Untuk pejalan santai bisa sampai 4 jam
  • Apakah ada sumber mata air?
    • Ada
  • Apakah ada area camping?
    • Ada banyak tempat landai, mulai dari pos hingga camp area
  • Apa ada angkutan umum ke sini?
    • Nggak ada
  • Apa bisa menggunakan roda empat untuk menuju pos 1?
    • Bisa, hanya ada kendala di lahan parkir. Takutnya roda empatmu menghalangi akses truk yang beraktivitas di kawasan ini
  • Apakah cukup ramai yang camping di sini?
    • Untuk saat ini gak terlalu ramai, tapi tetap ada

Kalau ada pertanyaan lagi seputar pendakian Gunung Kelud via Karangrejo, bisa tulis di kolom komentar ya, nanti diupdate di list ini.

Incoming search terms:

  • rambut monte
  • Rabbit Park - Blitar
  • roti bakar tikar mantul
  • gambar tempat wisata kota Blitar
  • KOLAM RENANG DI KOMBOS
  • kolam renang anak tanpa warna
  • pantai tambakrejo
  • Fun Bike Blitar Desember 2019
  • BALAI KOTA BLITAR
  • oleh oleh kampung timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here