Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo Blitar! Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api yang aktif di Jawa Timur. Sampai saat ini masih ada polemik tentang kepemilikan gunung kelud, terutama di puncak antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri. Sehingga terdapat dua akses utama untuk menikmati gunung kelud, yaitu dari Blitar dan Kediri.

Salah satu kelebihan menikmati Gunung Kelud Kelud dari Blitar adalah bisa mencapai bibir kawah. Sedangkan akses dari Kediri belum bisa sampai bibir kawah. Meskipun begitu, dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai dan menikmati kawah gunung Kelud ini. Karena untuk menikmatinya diharuskan untuk melakukan pendakian ke gunung kelud via Blitar dengan waktu tempuh sekitar 4 – 6 jam perjalanan.

Kemarin tim Jelajah Blitar menengok pos pendakian Gn. Kelud via Blitar yang terletak di Ds. Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Meskipun sebenarnya juga ada satu lagi pos pendakian yaitu di Ds. Karangrejo, Garum. Namun untuk saat ini jalur resmi yang sudah dibuka adalah via Tulungrejo, Blitar. Jadi kami sarankan apabila memang mau mendaki lebih baik melalui jalur Tulungrejo.

Cara Menuju Pos Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Pos Perijinan Pendakian Gunung Kelud Blitar
Pos Perijinan Pendakian Gunung Kelud Blitar

Pos Pendakian Gunung Kelud di Ds. Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kab. Blitar ini bisa diakses dengan mudah oleh pendaki. Meski sampai saat ini masih sangat jarang angkutan umum menuju ini tetapi ada.

  • Naik Kereta bisa turun di Stasiun Wlingi. Kalau naik bus turun di Wlingi juga bisa.
  • Bisa jalan menuju ke pasar Wlingi, kalau beruntung bisa naik mobil angkutan dengan tujuan Semen. Nanti dari semen nyari mobil angkutan menuju krisik dan turun di pertigaan masjid desa Tulungrejo dan berjalan sebentar menuju ke pos pendakian. Namun mobil angkutan ini tidak bisa diprediksi jam berapa saja jalannya.
  • Sedangkan untuk yang menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju ke pos pendakian gunung kelud mengikuti peta di bawah ini

Persiapan Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendakian ke Gn. Kelud, terutama peralatan standard untuk pendakian gunung seperti tenda, jaket, sleeping bag, jas hujan, air minum dan yang lain.

Beberapa hal yang dilakukan saat di pos pendakian gunung kelud Tulungrejo adalah sebagai berikut

  • Melakukan registrasi untuk pendakian (dari info yang jelajah blitar dapatkan kemarin tidak perlu meninggalkan KTP)
  • Mengisi formulir perbekalan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa mencukupi
  • Membayar biaya pendakian sebesar Rp. 15.000 per orangnya.

Perlu diperhatikan, karena tidak ada sumber mata air di jalur pendakian gunung kelud ini, diharapkan masing-masing anggota membawa air cukup untuk pendakian.

Rute Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Basecamp Pendakian Gunung Kelud
Basecamp Pendakian Gunung Kelud

Gunung kelud merupakan salah satu gunung api aktif yang memiliki ketinggian 1731 mdpl, letusan terakhir gunung api ini terjadi pada tahun 2014. Perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung kelud ini sekitar 4 – 6 jam perjalanan. Adapun jalur yang dilewati selama pendakian adalah sebagai berikut ini

Pos Perijinan – Pos 1

Sebelum memasuki kawasan hutan pinus tulungrejo jalan masih berupa aspal. Pendaki bisa naik ojek dari pos perijinan menuju ke titik awal pendakian. Jaraknya sekitar 1km. Dari pos perijinan menuju ke pos 1 jalanan relatif mudah dan jelas karena jalannya masih cukup lebar. Mendekati pos 1, jalan mulai menanjak dan menyempit.

Pos 1 Pendakian Gunung Kelud
Pos 1 Pendakian Gunung Kelud

Pos 1 berupa shelter dengan bagunan sederhana yang bisa digunakan untuk beristirahat. Tanah landai dan cukup luas untuk beristirahat para pendaki. Jarak tempuh dari pos perijinan hingga ke pos 1 membutuhkan waktu sekitar 90 menit perjalanan.

Pos 1 ke Pos 2

Jalan cukup menanjak di hutan yang rimbun dan rapat. Pepohonan besar juga dominan di sekitar jalan. Apabila musim hujan perlu waspada dengan adanya lintah dan pacet seperti halnya pendakian ke Gn. Buthak via Sirah Kencong.

Perjalanan kurang lebih 60 menit untuk mencapai ke pos 2. Saat ini pos 2 pendakian gunung kelud via tulungrejo memang hanya terkesan sebagai pos bayangan. Karena hanya berupa tempat landai saja tanpa ada shelter atau sejenisnya.

Pos 2 ke Pos 3

Jalan menanjak menuju ke pos 3 di dominasi alang-alang yang seringkali menutup jalan setapak. Pohon besar pun sudah tidak serapat pos sebelumnya sehingga dapat menikmati deretan pegunungan arjuno dan welirang. Perjalanan dari pos 2 ke pos 3 membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan.

Pemandangan Gunung Kelud dari Pos 3
Pemandangan Gunung Kelud dari Pos 3 via Tulungrejo

Pos 3 merupakan tempat yang biasanya digunakan para pendaki untuk membangun tenda dan bermalam. Pemandangan gunung kelud dari pos 3 ini cukup memukau. Apalagi di pagi hari, sunrise dari balik gunung kawi / buthak benar-benar memikat mata untuk memandang.

Pos 3 ke Puncak

Perjalanan dari pos 3 ke puncak merupakan treking paling berat dari rangkaian perjalanan ini. Oleh karena itu, biasanya para pendaki meninggalkan barang-barang di pos 3 dan melakukan pendakian ke puncak dengan barang seadanya.

Perjalanan dimulai dengan menuruni pos 3 ke jalan yang biasa disebut punggung naga. Ilalang cukup rapatĀ  sehingga alat tebas akan sangat berguna untuk melewati jalur ini. Di batas vegetasi terkadang juga digunakan untuk membangun tenda, namun mengingat turunan dari pos 3 cukup sulit, lebih baik tetap camp di pos 3 saja.

Pendakian Gunung Kelud
Pendakian Gunung Kelud

Dari batas vegetasi ke puncak gunung bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit perjalanan. Mendaki bebatuan gunung dengan merayap dan memanjat. Perlu hati-hati untuk mencapai puncaknya. Di persimpangan bawah puncak biasanya digunakan untuk ragam kegiatan seperti upacara 17an Agustus.

Puncak Gunung Kelud
Puncak Gunung Kelud

Puncak ke Kawah

Perjalanan ke Kawah Gunung Kelud
Perjalanan ke Kawah Gunung Kelud

Dari puncak gunung kelud menuju ke kawah gunung kelud membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Jalan di dominasi pasir dan bebatuan. Selain bisa beristirahat, kita juga bisa menikmati keindahan kawah gunung kelud yang terisi air.

Perjalanan Turun

Perjalanan turun dari Kawah Gunung kelud menuju ke pos 3 membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Sedangkan dari pos 3 menuju ke hutan pinus Tulungrejo membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!