Pemandangan di Puncak Kejora
Pemandangan di Puncak Kejora

Puncak kejora merupakan salah satu destinasi yang bisa ditemui ketika kita menuju kawasan perkebunan teh sirah kencong Blitar. Karena lokasinya berada ditebing jalan ketika kita menuju ke kebun teh. Pemandangan yang ditawarkan pun tidak jauh dari pemandangan perbukitan hijau nan indah dan sekarang pemandangan pabrik susu yang konon merupakan salah satu pabrik susu terbesar di asia tenggara.

Bintang di Puncak Kejora
Bintang di Puncak Kejora

Puncak kejora atau yang  juga dikenal dengan puncak menggapai kejora ini merupakan tempat wisata baru di Blitar yang terletak di Ds. Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar. Baru diresimkan pada tanggal 11 Februari 2017 silam.

Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya adalah gazebo-gazebo kayu nan instagramable, sebuah icon berupa bintang dan pemandangan alam lain yang cukup instagramable. Selain mengambil foto di spot-spot instagramable, aktivitas lain yang bisa dilakukan di puncak kejora adalah bersantai di gazebo maupun di hammock.

Sayangnya setelah pabrik susu beroperasi, pengunjung puncak kejora akan mengalami efek samping bau kotoran sapi yang terkena udara. Sehingga membuat tempat ini tidak begitu ramai lagi sekarang.

Untuk masuk kawasan puncak kejora ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orangnya. Sedangkan parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000 (Februari 2017).

Cara Menuju Bukit Puncak Kejora

Untuk mencapai bukit puncak kejora bisa melalui  dua rute sama seperti apabila hendak pergi ke perkebunan teh sirah kencong. Melalui jalur semen maupun tegalasri. Rute termudah memang via Jalur tegalasri. Ikuti saja jalan menuju perkebunan teh sirah kencong, nanti petunjuk arah ke puncak kejora bisa ditemukan dengan sangat mudah.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!