Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar merupakan destinasi wisata hits di Blitar, pengunjungnya bisa sampai ribuan di akhir pekan. Selain faktor akses jalan yang mudah, kamu bisa dapat banyak hal menarik dalam satu tempat. Kami dari Jelajah Blitar cukup sering datang ke sini.

Perkebunan Teh Sirah Kencong di Blitar ini berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl. Selain menawarkan pemandangan yang sejuk khas perkebunan teh juga memiliki daya tarik lain, seperti camping ground, air terjun, candi dan edukasi visit ke pabrik pengolahan (terbatas)

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar secara administratif terletak di Ds. Ngadirenggo, Kec. Wlingi Kab. Blitar. Perjalanan dari Wlingi ke Perkebunan Teh Sirah Kencong ini membutuhkan waktu kurang dar 30 menit saja. Kalau dari Kota Blitar, butuh waktu sekitar 40 menit.

Suasana Perkebunan Teh Sirah Kencong

Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong
Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong

Produk unggulan dari pabrik teh Sirah Kencong ini adalah teh hitam dengan merk KenTea yang berarti Kencong Tea atau teh dari Sirah Kencong. Sebagian besar produk teh hitam ini diekspor ke kawasan timur tengah. Teh hitam berbentuk bulir-bulir mirip dengan pelet berwarna hitam, dengan rasa yang unik dan berbeda dengan teh yang pada umumnya ada di pasaran.

Produk teh sirah kencong ini bisa dibeli di loket masuk. Tampak kotak teh berjajar rapi dalam etalase yang bisa dijadikan oleh-oleh sepulan dari kawasan perkebunan teh ini. Jadi para pengunjung bisa mencoba kenikmatan teh ini. Cukup dengan satu sendok teh saja untuk segelas teh, karena rasa teh hitam yang cenderung sepet.

Jalajah Blitar pernah mengikuti famtrip untuk uji coba paket wisata edukasi di pabrik teh sirah kencong, namun sampai saat ini belum ada kabar lagi apakah paket wisata tersebut jadi diterapkan di wilayah pabrik atau tidak. Nanti kalau ada akan kami infokan lagi.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah mulai banyak titik-titik menarik yang bisa dikunjungi. Bahkan beberapa titik juga tampak pembangunan tempat berswafoto.

Ada baiknya datang ke kawasan ini ketika musim kemarau, karena kalau musim hujan kita cuma bisa berteduh. Apalagi kalau hujan di perkebunan teh sirah kencong ini termasuk awet. Jadi kalau hujan yaudah bisa saja seharian hujan.

Ada Apa di Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar?

Perkebunan Teh Sirah Kencong tidak hanya menawarkan landskap hamparan dedaunan teh hijau di atas perbukitan yang menyejukkan mata. Ada beberapa hal seru yang bisa kamu kunjungi dalam satu tempat ini.

Air Terjun

Wisata Air Terjun Sirah Kencong di Blitar
Wisata Air Terjun Sirah Kencong di Blitar

Air terjun Sirah Kencong merupakan salah satu lokasi yang harus kamu kunjungi ketika main ke kebun teh ini. Dinginnya air pegunungan yang jernih dengan kolam-kolam kecil berisi ikan koi warna-warni yang kontras dapat membuat mata sejuk dan nyaman.

Memang kita harus berjalan sekitar 1km untuk menuju air terjun, buat yang nggak kuat ada layanan ojek menuju ke Air terjun kok. Tiket masuk menuju air terjun ini dijual terpisah, yaitu Rp5.000/orang.

Candi Sirah Kencong

candi sirah kencong
candi sirah kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong memiliki sebuah candi yang tereltak di sebelah selatan pemukiman penduduk. Candi ini bisa ditempuh dengan kendaraan maupun berjalan kaki.

Kami lebih suka berjalan kaki menuju kawasan ini sambil menikmati suasana sejuk nan hijau di perkebunan teh. Pernah kami membawa kendaraan ke tempat ini, selain jalannya cukup sulit karena didominasi makadam, juga melelahkan.

Spot Foto Gitar Raksasa

Spot foto Gitar Raksasa di Sirah Kencong Blitar

Tidak jauh dari Candi Sirah Kencong, terdapat sebuah spot foto gitar raksasa yang berhasil menjadi primadona spot foto baru di perkebunan ini. Pemandangan dari lokasi gitar raksasa ini memang cukup bagus, dengan latar belakang gunung kawi / butak.

Camping Ground Brak Papat

Foto Gn Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong Blitar
Foto Gn Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong Blitar

Salah satu camping ground favorit ada di Brak Papat Sirah kencong, butuh waktu kurang lebih 1 jam treking santai dari parkiran motor ke camping ground ini. Meski bisa membawa kendaraan sampai lokasi, tetapi cukup melelahkan naik kendaraan menuju ke brak papat.

Camping di brak papat, kita bisa melihat pemandangan dua gunung sekaligus. Yaitu Gunung Kelud yang mirip dengan bentuk Candi Borobudur di sebelah barat dan Gunung Kawi / Butak yang menyerupai putri tidur di sebelah timur.

Di atas brak papat, ada Wukir Negoro yang merupakan batas vegetasi tanaman teh dengan hutan di lereng Gunung Kawi. Ada juga yang camping di sini dengan pemandangan Gunung Kelud.

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar merupakan salah satu alternatif jalur pendakian ke Gunung Butak yang cukup ekstrim. Kami pernah menuju puncak dengan durasi perjalanan sekitar 12 jam. Maklum, bukan anak gunung.

Baca: Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Video Piknik ke Perkebunan Teh Sirah Kencong

YouTube video

Cara Menuju Pekerbunan Teh Sirah Kencong

Ada beberapa rute dan jalan menuju perkebunan teh Sirah Kencong, namun dari sekian jalan yang ada, jalur paling mudah adalah melalui jalur Tegalasri, Wlingi. Sebagian besar jalan sudah menggunakan aspal, hanya di beberapa titik saja yang berupa jalanan cor.

Sedangkan rute lain, kondisi jalannya rusak parah berupa makadam dan tanah saja. Sehingga tidak direkomendasikan untuk penikmat wisata di Blitar, kecuali apabila wisatawan minat khusus yang naik motor trail ke perkebunan teh sirah kencong ya beda lagi.

Tidak heran jika pengunjung akan diarahkan menggunakan jalur Tegalasri apabila menggunakan google maps ke Sirah Kencong.

Tiket Masuk Perkebunan Teh Sirah Kencong

Untuk masuk ke kawasan perkebunan teh sirah kencong dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya, sedangkan parkir sepeda motor dikenakan Rp. 2.000 per motornya dan parkir mobil Rp. 5.000.

Nah, apakah sudah pernah datang ke Perkebunan Teh Sirah Kencong? Jika sudah tulis cerita dan pengalamanmu pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Bantu teman-teman yang ingin berkunjung untuk mengetahui bagaimana cerita dari orang-orang yang datang ke perkebunan teh sirah kencong.

Promo Shopee November
Jelajah Blitar

About the author

Menjelajahi Blitar sejak 2014. Temukan kami di Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok

5 thoughts on “Perkebunan Teh Sirah Kencong”

  1. Pingback: Air Terjun Sirah Kencong - Jelajah Blitar
  2. Pingback: Puncak Kejora - Jelajah Blitar
  3. Pingback: Air Terjun Laweyan yang Tersembunyi di Perkebunan Kawisari- Jelajah Blitar
  4. Pingback: Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong Blitar - Jelajah Blitar
  5. Pingback: Brak Papat Sirah Kencong - Jelajah Blitar

Leave a Comment