Rute dan jalan ke sirah kencong
Rute dan jalan ke sirah kencong

Rute dan Akses Jalan ke Sirah Kencong merupakan hal yang biasanya ditanyakan ketika Jelajah Blitar mengunggahnya di media sosial. Tidak heran memang, kawasan wisata di Blitar ini memiliki daya tarik berupa pemandangan kebun teh, selain itu kawasan wisata yang berada di titik tertinggi Blitar memiliki beberapa daya tarik dalam satu wilayah, yaitu berupa air terjun dan candi.

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar secara administratif terletak di Ds. Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar. Sebenarnya ada 3 jalan yang bisa digunakan untuk mengakses Perkebunan Teh Sirah Kencong, yaitu via Semen, Tegalasri dan Kesamben. Untuk rute dari Kesamben, Jelajah Blitar belum pernah mencobanya, karena jalan yang cukup sulit dan tidak direkomendasikan.

Pada kesempatan ini, Jelajah Blitar ingin berbagi informasi rute dan akses menuju ke Kebun Teh Sirah Kencong Blitar yang merupakan salah satu tempat wisata hits di Blitar. Salah satu destinasi wisata di Blitar yang harus kamu kunjungi minimal sekali, tapi biasanya akan ketagihan untuk mengulang berkali-kali.

Akses Jalan ke Sirah Kencong

Seperti yang sudah Jelajah Blitar infokan sebelumnya, ada dua rute yang akan ditulis di sini, yaitu via Semen Gandusari dan via Tegalasri Wlingi. Keduanya memiliki medan dan kondisi jalan yang berbeda.

Saat ini, rute paling mudah yang digunakan lebih dari 90% orang yang berkunjung perkebunan teh Sirah Kencong adalah via Tegalasri Wlingi. Karena akses dari sini merupakan yang paling mudah dan jalannya juga sudah super duper enak jika dibandingkan dulu. Kendaraan roda dua bahkan roda enam pun bisa dengan mudah melaluinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi jalan di Sirah Kencong dari dua rute, Jelajah Blitar mencoba untuk menelusuri kembali jalan ke sirah kencong dari dua sisi, yaitu via Semen dan via Tegalasri

Jalan ke Sirah Kencong via Tegalasri Wlingi

jalan sirah kencong via tegalasri
jalan sirah kencong via tegalasri

Pergi ke Perkebunan Teh Sirah Kencong menggunakan google maps akan diarahkan menggunakan rute via Tegalasri karena hanya sekitar 20km dari Taman Idaman Hati Wlingi dengan kondisi jalan yang sudah didominasi aspal. Hanya di beberapa titik masih berupa cor itu pun juga sudah sangat nyaman jika dibandingkan dulu.

Adapun rute dari Taman Idaman Hati Wlingi bisa lewat pasar, ambil ke kanan melewati jembatan, hingga sebelum kawedanan belok ke utara (kiri) kemudian ikuti jalan utama hingga pertigaan desa Tegalasri. Ambil arah utara lagi (kiri) dan ikuti jalan utama terus sampai dengan perkebunan teh sirah kencong.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak sekitar 20km ini kurang lebih 30 menit. Dengan kondisi jalanan beraspal yang sudah mulus. Jalur ini dibuka sekitar tahun 2015 lalu dan baru benar-benar selesai dan nyaman digunakan sepenuhnya sejak tahun 2018.

Jalan ke Sirah Kencong via Semen Gandusari

Sebelum adanya rute ke Perkebunan Teh Sirah Kencong via Tegalasri, dulu setiap orang harus menempuh jalur Semen. Kondisi jalan yang sempit dan berbatu membuat banyak orang enggan untuk datang ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Jadi tidak heran jika saat ini Perkebunan Teh Sirah Kencong bisa didatangi ratusan bahkan ribuan pengunjung ketika akhir pekan, karena aksesnya sudah semakin mudah.

Jika tidak suka melewati jalanan rusak, Jelajah Blitar sarankan lebih baik melalui rute Tegalasri. Tapi kalau suka dengan kondisi jalan yang rusak, nggak papa lewat Semen ini.

Kondisi jalan via Semen di dominasi dengan jalanan tanah berbatu. Aspal yang rusak pun sudah tak berbekas. Saat ini kawasan ini hanya menjadi jalan masyarakat desa yang pergi merumput saja. Tidak banyak warga yang melewati daerah ini.

jalan sirah kencong via semen
jalan sirah kencong via semen

Melihat kondisi jalan saat ini, sudah sangat jarang jalan ini dilalui. Bahkan untuk perkebunan kawisari yang terletak agak atas sepertinya juga sudah enggan lewat jalan ini. Lebih baik memutar dengan naik lagi dan turun via Tegalasri.

Kondisi jalan berbatu dan besar-besar membuat jalan ini tidak disukai oleh sebagian masyarakat, termasuk kami. Angel tenan cah dalane. meski jaraknya cuma sekitar 12 km dari Pasar Semen. Ketika Jelajah Blitar coba telusuri via Google Maps, rute ini sudah tidak dapat ditemukan lagi.

Berikut rute perjalanan ke Perkebunan Teh Sirah Kencong via Semen : Taman Idaman hati lurus terus ke utara, sampai perempatan lampu merah Babadan ambil rute ke utara terus menuju ke Batu. Ikuti terus jalan utama sampai ke pasar desa Semen. Ambil jalan ke kanan untuk menyebrangi sungai dan ambil arah utara lagi. Sesampainya di pertigaan desa yang berdekatan dengan makam, ambil jalan ke timur (belok kanan) ikuti terus jalan naik ke atas dengan kondisi jalan yang memprihatinkan. Tidak ada lagi percabangan jalan yang berarti apabila sudah naik

Ke Perkebunan Teh Sirah Kencong Pilih Lewat Mana?

Jadi setelah mengetahui kondisi kedua rute di atas, apakah kamu masih mau memilih lewat Semen? Mungkin jalur via Semen masih cukup menarik untuk dikunjungi siapapun yang suka dengan olahraga outdoor macam sepeda motor trail. Namun untuk masyarakat biasa yang hanya ingin jalan-jalan ke Sirah Kencong akan sangat disarankan untuk melewati rute via Tegalasri

Jadi bagaimana pendapatmu? Kalau pergi ke perkebunan teh sirah kencong mau pilih lewat yang mana?

Incoming search terms:

  • Akses jalan sirah
  • jalur kebun teh serah kencong
  • jalur kebun teh sirah kencong
Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram - facebook - youtube untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here