Daftar Tempat Wisata di Blitar
Wisatawan di Blitar

Banyak yang bertanya melalui instagram jelajahblitar, kalau singgah sebentar di Blitar itu bisa main kemana aja min? Nah, kebetulan admin pernah beberapa kali bertemu dan mengantarkan beberapa orang untuk keliling Blitar setengah hari sembari menunggu kereta selanjutnya menuju kota tujuan akhir.

Percayalah, bahwa cukup worthed kok singgah sebentar di Blitar. Ada banyak tempat menarik dekat stasiun yang bisa dikunjungi, daripada harus bingung mau kemana.

Apabila kamu dari Malang atau Surabaya ingin pulang ke daerah asal di barat, coba deh cek jadwal kereta api di Stasiun Blitar. Siapa tahu bisa sedikit geser jadwal kereta dan berangkat pulang dari Blitar. Karena beberapa kereta malam, berangkat dari Blitar itu setelah pukul 5 sore, seperti Penataran / Dhoho, Malabar, Matarmaja, Majapahit dan Malioboro Express.

Saranku sih datanglah ke Blitar naik kereta api penataran / dhoho pertama yang sampai di Stasiun Blitar sekitar pukul 10 pagi untuk memulai perjalanan singkat di Kota Blitar.

1Kuliner di Kota Blitar

Soto Daging Bok Ireng
Soto Daging Bok Ireng

Meskipun sampai di stasiun Blitar pukul 10 pagi, kamu masih bisa kok sarapan dengan beberapa jenis kuliner legendaris di Blitar. Berikut beberapa menu kuliner legendaris populer di sekitar stasiun Blitar yang bisa kamu coba. Pilih salah satu aja yak :D.

Soto Daging Bok Ireng

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kota Blitar, jaraknya kurang lebih 850meter saja. Aku sarankan untuk jalan kaki saja melewati aloon-aloon kota Blitar kalau mau datang ke tempat ini. Supaya bisa menikmati suasana pagi di Blitar karena kamu akan melewati Taman Pecut dan Aloon-Aloon Kota Blitar. Mau nyantai dulu juga bisa.

Soto Ayam Kampung Sor Seri

Kalau nggak suka dengan soto daging, bisa melipir ke utaranya. Di utara soto daging bok ireng ini ada warung soto ayam kampung sor seri. Yang juga cukup populer kok. Cuma belum sempat aku tulis sih di web jelajah blitar.

Nasi Pecel Mbok Bari

Nasi Pecel Mbok Bari
Nasi Pecel Mbok Bari

Nasi Pecel Mbok Bari merupakan salah satu yang populer juga, ada banyak cabangnya. Bisa cek google maps untuk menemukan yang paling dekat. Tetapi kalau aku sih lebih suka makan di Mbok Bari 1 yang berada di utara makam bung karno. Jangan jalan kaki dari Stasiun kalau ke Mbok Bari, karena cukup jauh cuy kalau jalan kaki. 1km lebih lah.

2Ziarah Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Makam bung karno merupakan salah satu destinasi wajib ketika main ke Blitar. Jadi jangan dilewatkan ya setelah sarapan di salah satu tempat di atas. Untuk menuju makam bung karno bisa dengan berjalan kaki atu naik ojek online. Jangan naik dari stasiun ya, karena nggak boleh ambil penumpang di Stasiun Kota Blitar.

HTM di Makam Bung Karno kalau nggak salah sekitar Rp. 3000 saja kok. Selain ziarah di makam presiden pertama republik ini kamu juga bisa singgah untuk melihat museum yang berisi berbagai macam foto Bung Karno di jaman dahulu kala.

Biasanya orang menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam di sekitar Makam Bung Karno.

3Mengunjungi Istana Gebang

Wisata Istana Gebang di Blitar
Istana Gebang Blitar

Setelah ziarah ke Makam Bung Karno, kamu bisa coba untuk mengunjungi Istana Gebang, rumah masa kecil Bung Karno di Blitar. Suasana di Istana Gebang ini bisa membawamu merasakan bagaimana sejarah itu dibentuk. Suasana dan ketika sore pengunjung bisa menyaksikan anak-anak berlatih menari di gedung kesenian yang ada di sebelahnya.

Sayangnya, pohon besar di halaman istana gebang belum lama ini roboh sehingga tak serindang dulu lagi meski suasanya benar-benar syahdu. Apalagi kamu bisa menikmati semua itu tanpa harus membayar sepeser pun. Enak kan?

4Bersantai di Kebonrojo

Lokasinya tidak jauh dari Istana Gebang, taman kota ini selain memiliki pemandangan yang sejuk juga cocok untuk piknik. Jadi jangan heran kalau datang ke sini di hari Minggu akan banyak pengunjung yang memadatinya. Karena kebun ini juga memiliki beberapa hewan menarik seperti merak, kera dan rusa. Selain itu juga bisa digunakan untuk rileks sejenak.

5Berkunjung ke Kampung Coklat Blitar

Suasana di Kampung Coklat
Suasana di Kampung Coklat

Tidak bisa dipungkiri bahwa kampung coklat itu merupakan daya tarik baru untuk para pelancong di Blitar, namun sayangnya untuk saat ini transportasi umum menuju kampung coklat masih bisa dibilang jarang, satu-satunya cara paling kami rekomendasikan apabila ingin berkunjung ke kampung coklat adalah menggunakan aplikasi ojek online secara offline. Sepertinya masih sulit untuk mendapatkan pengendara di kawasan kampung coklat, jadi alangkah baiknya jika sudah janjian dulu untuk antar jemput di kampung coklat.

Di kampung coklat, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Di dalamnya terdapat berbagai macam fasilitas seperti belanja oleh-oleh berbahan dasar coklat, cooking class, terapi ikan, aneka permainan untuk anak dan aneka olahan minuman coklat. Biasanya satu jam di kampung coklat sudah lebih dari cukup, kecuali kalau kalap dalam belanja dan antrian di kasir sedang banyak-banyaknya karena musim liburan.

6Jadi Mau Liburan Kemana?

Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo Blitar

Nggak bisa ke Pantai ya? Sebenarnya bisa kalau mau ke pantai, perjalanan kurang lebih 1 jam. Namun untuk itu harus memastikan ada kendaraan pribadi / carteran untuk menuju ke Pantai. Itu yang agak susah untuk saat ini.

Kalau mau ke Pantai, siapin waktu 3 – 4 jam untuk perjalanan PP dan menikmati suasana pantainya ya. Jadi bisa dirombak lagi deh itinerary di atas. Disesuaikan dengan minat dan jadwal kereta api.

Doakan saja Jelajah Blitar segera dapat partner yang bisa melayani liburan singkat macam ini. Atau kalau kamu atau temanmu berminat, bisa kirimkan penawaran ke melalui hello[at]jelajahblitar.com

Ada yang ditanyakan seputar tempat main yang asyik apabila cuma singgah sebentar di Blitar? Tinggalkan komentar aja yak! Nanti dibales semua kok 😉

Incoming search terms:

  • Ke makam bung karno dulu atau ke kampung ciklat dulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here