Lagi singgah di Blitar? Berikut tempat wisata dekat stasiun Blitar yang bisa kamu kunjungi. Selama ini banyak orang yang singgah sebentar ke Blitar. Kebanyakan hanya ingin berkunjung ke Makam Bung Karno, namun sebenarnya ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi sekaligus mumpung lagi main di Blitar.

Jelajah Blitar sudah kumpulkan beberapa destinasi wisata dekat stasiun Blitar yang bisa kamu kunjungi dengan mudah. Bahkan bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki.

Cukup lah untuk city tour keliling Blitar sebelum meninggalkan Blitar naik kereta api ke destinasimu selanjutnya. Kalau kamu punya cukup banyak waktu di Blitar, bisa coba baca tempat wisata wajib di Blitar.

Taman Pecut Blitar

Taman Pecut Blitar
Taman Pecut Blitar

Taman pecut merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang belum lama berdiri, lokasinya berada tepat di sebelah selatan aloon aloon Blitar. Sebuah patung tangan membawa pecut sakti samandiman ini sebenarnya asyik jika dikunjungi di malam minggu. Karena setiap malam minggu ada atraksi air mancur bergoyang di taman ini.

Tidak ada yang spesial jika ke sini saat siang, apalagi kalau lagi panas. Karena masih tergolong baru, pepohonan yang ditanam pun belum ada yang benar-benar rindang sehingga membuat teduh untuk para pengunjungnya. Jika kebetulan datang di siang hari, Jelajah Blitar sarankan datang hanya untuk mengambil gambar saja sudah cukup. Karena panas cuy.

Aloon Aloon Blitar

Pintu selatan Aloon Aloon Blitar
Pintu selatan Aloon Aloon Blitar

Agak bingung sih sebenernya aloon-aloon ini termasuk destinasi wisata apa enggak, karena jujur nggak ada apapun yang bisa kamu lakukan di tanah yang luas ini selain menikmati kuliner yang ada di sekitarnya. Ada baiknya kamu menikmati es plered yang ada di sebelah timur.

Untuk kamu yang ingin beribadah sholat wajib, bisa datang ke masjid Agung Blitar yang ada di sebelah baratnya. Sedangkan di hari-hari khusus kamu bisa berkunjung ke Pendopo Ronggo Hadinegoro Blitar yang ada di sebelah utara dari aloon-aloon ini.

Jarak dari stasiun Blitar menuju ke Aloon-Aloon Blitar hanya sekitar 450 meter saja dan ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 5 menit saja dengan berjalan kaki. Dekat kan?

Baca juga : Hotel dan Penginapan di Blitar

Kuliner Es Pleret di Aloon Aloon Blitar

Es Pleret Khas Blitar
Es Pleret Patria Pak Kayat, salah satu penjual es pleret di Aloon-Aloon Blitar

Es Pleret merupakan salah satu jajanan tradisional khas Blitar, terbuat dari tepung beras yang dibentuk bola dengan cara di pleret. Minuman es dengan kuah santan yang dicampur dengan cairan gula merah.

Dengan penyajian yang tepat, kita bisa mendapatkan sensasi gula jawa manis yang meledak dan lumer di mulut ketika kita menggigit bola-bola pleret. Harganya relatif murah, hanya Rp. 3.000an untuk satu gelas es pleret. Murah kan?

Catatan: Menurut kabar yang beredar, warung-warung ini akan di relokasi dalam waktu dekat. Nanti kalau sudah di relokasi, kita akan update juga artikel ini.

Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Tidak salah ketika banyak orang memutuskan singgah sebentar ke Blitar dengan alasan untuk berziarah ke Makam Bung Karno. Karena lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Stasiun Blitar, hanya sekitar 3km saja. Dekat bukan?

Apalagi Makam Bung Karno merupakan salah satu tempat wisata wajib di Blitar. Nggak afdol rasanya, kalau ke Blitar tanpa ziarah ke Makam Bung Karno. Tiket masuk ke makam Bung Karno ini adalah Rp. 3.000, pastikan setiap orang yang membayar mendapatkan tiket resmi dari petugas.

Selain Makam Bung Karno, di kawasan ini teman-teman juga bisa mengunjungi museum yang berisi foto-foto bung karno dan berbagai barang peninggalannya.

Istana Gebang

Wisata Istana Gebang di Blitar
Wisata Istana Gebang di Blitar

Istana gebang merupakan rumah keluarga Bung Karno yang terletak di Jl. Sultan Agung no 95, Sananwetan, Kota Blitar. Terdapat berbagai macam peninggalan Bung Karno muda di Istana ini.

Istana gebang berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektar yang terdiri dari satu bangunan induk dan delapan bangunan lain di sekelilingnya. Untuk masuk ke Istana Gebang pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali, hanya perlu mengisi buku tamu saja.

Balai Kesenian di Istana Gebang
Balai Kesenian di Istana Gebang

Terdapat gedung kesenian di sebelah barat istana gebang yang biasanya digunakan masyarakat untuk berlatih tari. Jika ingin menyaksikan latihan menari atau bahkan ingin ikut sekalian, ada baiknya datang ketika sore.

Jarak dari Stasiun Blitar ke Istana Gebang hanya sekitar 2km saja.

Taman Kebonrojo

Kebon Rojo Blitar
Kebon Rojo Blitar

Taman Kebonrojo jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Istana Gebang, merupakan taman kota paling besar di Kota Blitar. Di hari minggu, kebonrojo ini menjadi salah satu tempat piknik bareng keluarga di Blitar. Jadi jangan heran jika hari minggu kebon rojo ini ramai dengan pengunjung.

Selain pepohonan yang rindang, aneka permainan untuk anak-anak juga tersedia hanya di hari minggu. Sedangkan hari-hari biasa tidak begitu banyak pilihan permainan untuk anak-anak. Flying fox merupakan salah satu permainan yang hanya tersedia di tanggal merah saja.

Beberapa hewan seperti burung merak, kera dan rusa juga ada di kawasan kebonrojo. Anak-anak biasanya suka memperhatikan gerak-gerik hewan-hewan ini.

Pengunjung bisa bebas masuk ke kebonrojo tanpa harus membayar, karena memang tidak ada tiket masuk di kawasan kebonrojo ini. Hanya ada biaya parkir apabila membawa kendaraan.

Water Park Sumberudel

Kolam renang Anak di Sumber Udel Water Park
Kolam renang Anak di Sumber Udel Water Park

Water park sumberudel merupakan taman bermain air yang paling besar di Kota Blitar. Jaraknya hanya sekitar 2km dari Stasiun Blitar. Kalau singgah sebentar ke Blitar sepertinya tidak memungkinkan untuk bermain-main air di sini. Masa iya berenang cuma setengah jam? Kan nggak mungkin. Tapi bisa jadi referensi tempat main dekat stasiun Blitar terutama untuk mereka yang datang berombongan dari luar kota naik bus.

HTM masuk sumberudel ini hanya Rp. 10.000 untuk hari Senin – Jum’at. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu HTM Rp. 15.000.

Semoga informasi tentang tempat wisata dekat stasiun Blitar bisa membantumu menentukan destinasi sekitar Blitar yang cocok untuk mengisi waktu luang sembari menunggu datangnya kereta api. Oh iya, jangan sampai ketinggalan kereta ya karena asyik jalan-jalan di sekitar stasiun 😀

Menginap Dekat Stasiun Blitar

Jika pada akhirnya anda memutuskan untuk menginap di Blitar, cek beberapa rekomendasi hotel di Blitar yang murah dan bagus. Beberapa diantaranya berada di dekat stasiun Blitar sehingga anda bisa dengan cepat dan mudah mencapai ke stasiun untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api.

Incoming search terms:

  • https://jelajahblitar com/tempat-wisata-dekat-stasiun-blitar/
  • lokasi wisata dekat stasiun blitar
  • stasiun blitar
Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram - facebook - youtube untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here