Istana Gebang Blitar
Istana Gebang Blitar

Istana Gebang merupakan rumah keluarga Bung Karno yang berdiri diatas lahan seluas 1,8 hektar. Terdiri dari sebuah rumah induk dengan delapan bangunan rumah lain. Awalnya rumah ini merupakan pejabat bBellanda yang kemudian dibeli oleh ayah Bung Karno, Soekemi Soestrohardjo saat mengajar di SMA di Kota Blitar tahun 1917. Diperkirakan rumah tersebut dibangun tahun 1914 saat Bung Karno masih bersekolah di HBS Surabaya.

Ruang Tengah Istana Gebang
Ruang Tengah Istana Gebang

Istana Gebang sekarang menjadi obyek wisata museum di Kota Blitar dan merupakan salah satu tempat wisata dekat Stasiun Blitar. Masih tersimpan dengan baik beberapa barang peninggalan Bung Karno dan keluarga. Seperti dua kamar tidur yang sering ditempati Bung Karno saat liburan sekolah maupun kuliah, bahkan saat menjabat sebagai presiden. Saat ini selain berfungsi sebagai museum peninggalan Bung Karno, Istana ini juga menjadi tempat perayaan haul Bung Karno dan pagelaran kesenian.

Balai Kesenian di Istana Gebang
Balai Kesenian di Istana Gebang

Balai kesenian ini biasanya dipergunakan oleh masyarakat dan sanggar seni untuk berlatih tari di sore hari. Selain itu ada banyak agenda kegiatan yang dilakukan di Istana Gebang ini, untuk jadwal kegiatannyna bisa dibaca pada papan pengumuman yang ada di bagian depan Balai kesenian.

Apabila anda berombongan menggunakan bus, biasanya bus akan di parkir di PIPP dan anda akan ditawarkan paket becak dari parkiran bus pariwisata menuju Makam Bung Karno dan Istana Gebang oleh tukang becak setempat. Saat ini kondisi lahan parkir di sini sudah sangat siap menampung banyak bus pariwisata dalam jumlah yang banyak.

Istana Gebang Blitar
Kondisi Dalem Gebang, Juni 2019

Berita terbaru di Istana Gebang Blitar adalah robohnya pohon Gada pada September tahun 2018. Usia pohon gada yang ada di halaman istana ini adalah 40 tahun, karena ditanam pada tanggal 31 Juni 1970. Saat ini batang kayu dari Pohon gada yang tumbang ini digunakan oleh seniman Blitar untuk membuat patung Bung Karno dan Kentongan.

Cara Menuju Istana Gebang

Istana Gebang terletak di Jl. Sultan Agung no 95, Sananwetan, Kota Blitar menyimpan berbagai macam peninggalan Bung Karno.

  • Apabila anda turun di Stasiun Kota Blitar, anda bisa menjangkaunnya dengan naik becak.
  • Apabila dari Terminal Bus, sebaiknya anda naik ojek karena jaraknya lumayan jauh
  • Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menekan menu tunjukkan jalan untuk menjukkan jalan dari lokasi anda menuju Istana Gebang. Pastikan fitur GPS anda aktif untuk rute yang akurat.

Incoming search terms:

  • kata pengantar laporan
  • istana gebang blitar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here