6 Pantai yang Cocok untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga di Blitar

Jelajah Blitar – Mudik saat lebaran bisa dimanfaatkan sekaligus untuk liburan bareng dengan keluarga di kampung halaman. Jadi tidak heran apabila beberapa tempat wisata menjadi super duper ramai bahkan macet ketika lebaran. Nah, pada kesempatan ini Jelajah Blitar mau berbagi informasi pantai di Blitar yang asyik untuk piknik bersama keluarga.

Ada beberapa pertimbangan sebelum kami mereferensikan pantai untuk dikunjungi ketika libur lebaran, diantaranya akses jalan yang cukup mudah untuk kendaraan roda dua maupun empat, fasilitas di pantai yang memadai, sehingga liburan bareng keluarga besar saat mudik bisa tetap menyenangkan. Cek pantai di Blitar yang jalannya mudah untuk mobil.

Berikut daftar pantai di Blitar yang cocok untuk menikmati libur lebaran bareng keluarga besar.

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar
Pemandangan Pantai Tambakrejo Blitar dari sisi barat dermaga

Pantai paling hits yang terletak di Ds. Tambakrejo, Kec. Wonotirto ini memang merupakan pantai yang sangat populer untuk wisatawan Blitar maupun luar Blitar. Bentang pantai yang cukup luas dengan beragam fasilitas yang ada memang dapat memanjakan pengunjung. Mulai dari banyaknya pilihan kuliner ikan, tempat pelelangan ikan, hingga spot-spot foto yang instagramable. Belum lagi pemandangan di  kawasan dermaga pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan ombak yang cukup besar, di sebelah timur pantai ini terdapat semacam kolam dangkal yang berasal dari muara sungai dan ombak laut sehingga bisa digunakan untuk bermain air. Tidak beresiko jika dibandingkan bermain air langsung di lepas pantai yang memiliki ombak besar.

Selain bisa bermain air di muara sungai, bisa menyantap aneka kuliner seafood menjadi pilihan tepat untuk yang ingin bermain ke pantai tambakrejo. Namun biasanya akses menuju pantai ini akan ditutup pada pukul 12 siang, karena padatnya pengunjung. Jadi kalau mau datang ke pantai ini mending berangkat pagi yak!

HTM kalau nggak salah itu Rp. 5.000, kendaraan roda dua hingga elf long maupun mini bus bisa masuk. Untuk bus besar belum bisa digunakan untuk menuju lokasi.

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondomayit
Pantai Pasetran Gondomayit dilihat dari Bukit sebelah barat pantai

Meski hanya terpisah sebuah bukit dengan pantai tambakrejo, pantai pasir putih ini memiliki karakteristik yang berbeda. Warna air laut di pantai gondo mayit cenderung lebih biru dan memikat, sangat kontras dengan warna pasir putih yang halus.

Tampak bebatuan karang dipinggir pantai apabila surut, dan tidak direkomendasikan untuk mandi di pantai ini karena ombak bisa dibilang cukup besar. Fasilitas juga bisa dibilang cukup lengkap meski masih kalah lengkap jika dibandingkan pantai tambakrejo. Beberapa warung juga menyajikan menu seafood meski tidak selengkap yang ada di pantai tambakrejo.

HTM masuk kawasan ini kurang tahu ya,  karena terakhir kesana bulan Maret 2018 enggak ada yang jaga portal tiketnya. Mungkin sama dengan pantai tambak sekitar Rp. 5.000. Untuk mencapai pantai ini bisa jalan kaki naik bukit dari pantai tambakrejo, atau mengambil jalan ke timur saat pertigaan sebelum masuk pantai.

Pantai Serang

Pengunjung Pantai Serang
Pengunjung Pantai Serang Ketika Liburan

Meski pantai serang memiliki pasir kehitaman, namun tidak sedikit yang merindukan keindahan sunset di pantai ini. Pantai yang terletak di Ds. Serang, Kec. Panggungrejo ini terus berbenah dengan segala fasilitas yang bisa dibilang mumpuni. Jika hanya ingin berkumpul dengan keluarga, pantai serang ini merupakan pantai paling ideal untuk berkumpul. Luasnya kawasan dengan pepohonan rindang disekitanya membuat para pengunjung nyaman untuk menikmati kebersamaan di pantai.

Selain itu belum lama ini juga terdapat fasilitas tambahan berupa kursi kayu ala pantai-pantai di luar negeri yang dapat disewa pengunjung yang ingin merasakan sensasi piknik di pantai kaya luar negeri itu lho.

Beberapa tempat menarik di pantai serang yang membuat cocok untuk digunakan piknik dengan keluarga adalah parkiran yang cukup luas, akses yang cukup mudah, bahkan bus pun bisa mengakses pantai ini, pepohonan cemara udang yang rindang, hingga aneka kuliner seafood juga tersedia di pantai ini. Bisa dibilang pantai serang merupakan pantai paling tertata di Blitar untuk saat ini.

HTM masuk kawasan ini awalnya hanya Rp. 3.000, namun menurut informasi dari kepala desa yang senantiasa update seputar wisata pantai serang ini, mulai lebaran harga tiket masuk mulai naik menjadi  Rp. 7.000 hingga seterusnya.

Pantai Pasir Putih Peh Pulo

Pantai Pasir Putih Sumbersih Peh Pulo
Pantai Pasir Putih Sumbersih yang terletak di sebelah barat pantai peh pulo ini sering sekali disebut pantai peh pulo. Padahal untuk menuju pantai peh pulo harus ke timur beberapa ratus meter yang susah diakses oleh roda empat.

Banyak orang mengatakan bahwa pantai peh pulo ini merupakan raja ampatnya Blitar. Kebayangkan pemandangan yang identik dengan raja ampat? Gugusan pulau kecil yang tak terlalu jauh dari pantai merupakan pemandangan yang bisa dinikmati ketika datang ke pantai pasir putih sumbersih.

Perpaduan warna putih di pasir pantainya juga memberi kesan sendiri, meski warna birunya tak seindah yang ada di pasetran gondomayit. Fasilitas yang ada di pantai ini bisa dibilang minim, meskipun begitu sudah ada toilet dan sejenisnya. Sedangkan untuk menu macam seafood sepertinya masih susah ditemukan di pantai ini.

HTM masuk ke pantai ini juga kurang tahu, karena beberapa kali datang tidak ada petugas sama sekali di loket sehingga tidak perlu membayar. Meski jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat, namun ya agak-agak susah sih. Pastikan mahir dalam menyopir kalau ingin membawa kendaraan roda empat kemari, karena agak-agak susah gimana gitu.

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro dari Perbukitan
Pantai Jolosutro dari Perbukitan

Pantai paling timur Blitar ini bisa menjadi tempat favorit juga lho, selain akses jalan yang relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan pantai Peh Pulo, bentang pantai paling luas di Blitar bisa digunakan untuk berbagai macam acara bareng keluarga besar.

Dari ujung timur yang didominasi pohon cemara udang, bagian tengah yang cukup rimbun hingga bagian barat yang cenderung gersang namun tetap memikat. Tampak juga beberapa penjual makanan seafood yang membuat diet dimulai besok.

Sama dengan pantai serang, pantai jolosutro ini memiliki pasir yang cenderung kehitaman, meski cukup rindang pantai jolosutro ini enggak terlalu rapi seperti halnya Pantai Serang Blitar.

Pantai yang setiap tahunnya digunakan untuk kegiatan melasti ini patut dipertimbangkan apabila pantai di sebelah barat Blitar terlalu jauh untuk dijangkau. HTM masuknya pun kami kurang tahu, karena beberapa waktu lalu main ke sini tidak ada petugas yang berjaga di loket.

Pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar
Pantai Pangi Blitar

Terletak di Ds. Tumpak Kepuh, Kec. Bakung merupakan pantai yang sebenarnya asyik untuk camping, namun untuk libur lebaran bersama keluarga sepertinya super duper rame. Akses jalan sebenarnya cukup mudah, namun kapasitas parkir kendaraannya tak begitu mumpuni. Mungkin bisa jadi alternatif terakhir untuk yang mau pergi ke pantai ini.

Aneka sajian seafood juga tersedia, kendaraan roda dua hingga elf long pun bisa mencapai parkiran atas, untuk parkiran bawah kurang tahu. Sudah cukup lama enggak main ke pantai ini, pembangunan terakhir berupa jalan cor menuju pantai untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Di pantai pangi ini selain berteduh dibawah rimbunnya camara udang, para pengunjung juga bisa bermain air karena pantai pangi memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga relatif aman. Selain  itu pengunjung juga bisa naik perahu di muara sungai dengan warna air yang hijau, bahkan anak-anak juga bisa bermain air di muara sungai.

HTM terakhir yang dikenakan adalah Rp. 8.000 / orang. Pantai dengan tiket masuk paling mahal di Blitar. Untuk saat ini kurang tahu juga. [td_smart_list_end]

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba libur lebaran di pantai itu? Klik gambar untuk info detail masing-masing pantainya. Atau punya referensi pantai untuk libur lebaran di Blitar versi sendiri? Coba infokan tulis referensi pantainya di kolom komentar ya!

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

6 Pantai yang Cocok untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga di Blitar 1

Categories