Kolam Renang Dewasa di penataran
Kolam Renang Dewasa di penataran

Kolam renang penataran merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan wisata candi penataran. Terletak di Ds. Penataran, Kec. Nglegok, kolam renang penataran ini bisa menjadi alternatif tempat berenang di Blitar yang murah meriah. Jika dibandingkan dengan sumber udel waterpark, harga tiket masuk di kolam renang penataran bisa dibilang lebih murah. Karena hanya perlu membayar Rp. 5.000. Namun wahana permainan untuk anak tidak sebanyak di sumberudel waterpark.

gerbang kolam renang penataran
gerbang kolam renang penataran

Selain kolam renang penataran, pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik di sekitarnya, seperti Candi Penataran yang merupakan candi hindu terbesar di Jawa Timur dan Museum Penataran yang berisi berbagai macam peninggalan kerajaan-kerajaan masa lampau di sekitar Blitar.

Kolam renang penataran saat ini terdiri dari 4 jenis kolam, kolam untuk anak-anak, untuk bermain, untuk remaja dan untuk dewasa. Yang mana kolam renang anak memiliki kedalaman yang cocok untuk anak-anak, hanya sekitar 30 cm sampai dengan 50cm. Kolam renang untuk bermain dilengkapi dengan water slide yang tidak begitu besar. Sedangkan untuk kolam renang remaja memiliki kedalaman sekitar 1 meter. Dan untuk kolam dewasa memiliki kedalaman mulai dari 1.5 meter hingga 3 meter. Selain keempat kolam tersebut, ada sebuah kolam yang agak besar sedang dalam proses pembangunan sehingga waktu tim jelajah blitar menuju lokasi, kolamnya dalam keadaan kosong.

Kolam Renang Anak di Penataran
Kolam Renang Anak di Penataran

Fasilitas yang ada di kolam renang penataran lumayan lengkap. Fasiltas kamar mandi kurang memadai, terutama ketika akhir pekan. Jumlah kamar mandi perlu ditambah dan seringkali air kran tidak menyala. Semoga kedepannya kolam renang ini menjadi salah satu destinasi favorit pelancong apabila bermain ke Blitar. Oh iya, parkiran untuk kendaraan roda dua, empat maupun lebih sudah sangat luas dan memadai.

Cara Menuju Kolam Renang Penataran

Dari Kota Blitar, menuju utara mengikuti rute menuju candi penataran. Kolam renang penataran hanya berjarak sekitar 200 meter dari candi penataran yang menjadi salah satu icon wisata yang ada di Blitar.

Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!