Perahu Bambu di Konservasi Ikan Tawar Badher Bang
Perahu Bambu di Konservasi Ikan Tawar Badher Bang

Keberadaan sungai brantas dari timur hingga barat Blitar secara tidak langsung memberikan dampak terhadap lingkungan yang ada di wilayah Blitar, salah satunya lahirnya konservasi ikan tawar badher bang yang berada di Dsn. Tawangrejo, Ds. Tawangrejo, Kec. Binangun, Kab. Blitar.

Perjalanan Jelajah Blitar kali ini sampai di pinggiran sungai brantas di kawasan Tawangrejo yang tadinya hanya sungai biasa kini menjadi kawasan konservasi ikan tawar badher bang yang jumlahnya sangat banyak. Berawal dari kebiasaan warga memberi makan ikan di pinggiran sungai, yang membuat ikan badher bang lama-lama terbiasa untuk datang di kawasan tersebut ketika pagi hingga sore.

Ikan Konservasi di Sungai Brantas
Ikan Konservasi di Sungai Brantas

Sehingga tidak heran ketika pengunjung memberikan makan pada ikan, mereka akan berbaris dan berkumpul berebut pelet yang dilempar oleh pengunjung tanpa ada rasa takut untuk ditangkap. Di beberapa musim, ikan badher bang ini akan melakukan migrasi, namun generasi selanjutnya akan datang entah dari mana dan menetap sampai musim migrasi lagi. Siklus ini baru berjalan 4 generasi kata Pak Son yang merupakan salah satu orang yang menggerakan kawasan konservasi ikan badher bang ini. Kawasan konservasi ini dikelola oleh Pokmaswas Fajar Bengawan Desa Tawangrejo, Binangun.

Selain memberi makan ikan, para pengunjung juga bisa naik perahu yang disediakan namun dengan pengawasan dari pengelola tentunya. Lokasinya yang berada di pinggir sungai brantas membuat kawasan konservasi ikan badher bang ini bisa dikunjungi jam berapapun bahkan tengah malam. Namun biasanya ketika sore, ikan-ikan ini telah hilang entah kemana dan baru kembali ketika pagi hari.

Kawasan Konservasi Ketika Pagi
Kawasan Konservasi Ketika Pagi

Kalau mau foto-foto di kawasan konservasi, akan bagus ketika diambil saat pagi hari. Masih ada kabut  tipis-tipis di sungai brantas yang membuat foto tampak semakin cantik.

Rute Menuju Konservasi Ikan Tawar Badher Bang di Sungai Brantas Tawangrejo, Binangun

Rute paling mudah untuk mencapai kawasan konservasi ini dari Kota Blitar adalah melalui rute selatan, yaitu

Dari Kota Blitar ambil rute menuju Kanigoro. Dari perempatan kanigoro ambil rute ke selatan menuju ke Lodoyo. Setelah jembatan sungai brantas (Glondong) ambil rute ke Bendungan Jegu yang dilanjutkan ke arah Kaulon kemudian ke arah Kedungwungu dan sampai di pertigaan desa Ngembul. Dari pertigaan tersebut ambil rute ke utara menuju ke kawasan Tawangrejo, Bingangun. Untuk lebih jelas tentang rute menuju kawasan ini bisa melihat peta lokasi di bawah.

Sedangkan untuk yang berangkat dari Wlingi maupun Kesamben, ada baiknya untuk melihat peta di bawah ini untuk menentukan rute terbaik dan paling cepat.