Aktivitas Sumber Dandang
Aktivitas Sumber Dandang

Sumber dandang merupakan sebuah bendungan yang terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Lokasinya tidak jauh dari telaga rambut monte yang terkenal dengan air sumber berwarna tosca dan ikan dewanya. Selain air sumber yang cukup besar, bendungan ini memiliki air yang dingin dan warnanya kehijau-hijauan agak tosca yang sangat jernih. Sehingga pengunjung bisa melihat dasar bendungan.

Biasanya sumber dandang digunakan untuk berenang. Namun sangat tidak disarankan untuk yang tidak begitu mahir berenang. Karena kedalamanya sekitar 1 – 3 meter. Dinginnya air di sumber dandang juga bisa menjadi salah satu penyebab kram yang pernah memakan korban jiwa. Sejak saat itu jarang ada yang berenang di sumber dandang. Mungkin hanya duduk bersantai dibawah pohon sambil melihat kesegaran sumber dengan ikan-ikan yang berenang. Namun saat ini ada yang menyewakan ban apabila tertarik untuk mencoba kesegaran airnya

Cara Menuju Sumber Dandang

Untuk menuju Sumber Dandang, cukup ikuti petunjuk arah ke Rambut monte, dari rambut monte cukup berjalan sejauh 100 meter menuju ke Sumber Dandang. Sepeda motor bisa dibawa masuk ke lokasi dengan melalui jalan menurun di sebelah SDN 4 Krisik. Apabila tidak begitu mahir mengendarai roda dua / kendaraannya tidak begitu kuat menanjak Jelajah Blitar sarankan untuk parkir di rambut monte saja. Karena jalan menanjaknya cukup tajam, sehingga dibutuhkan keterampilan mengemudi yang mumpuni. Sedangkan untuk roda tiga maupun empat tidak bisa karena lebar jalan dan tikungan yang cukup tajam.

Incoming search terms:

  • ALamat kolam renang sumberdandang blitar
Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

Leave a Reply