Monumen Peta Blitar
Monumen Peta Blitar

Monumen Peta di Blitar dibangun untuk memperingati pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) melawan tentara Jepang pada 14 Februari 1945 yang dipimpin oleh Soedanco Soepriyadi.

Monumen PETA Blitar dibangun di depan eks markas PETA, yaitu di Jl. S. Supriyadi, Kota Blitar. Monumen ini kini berada dalam kawasan SMP Komplek di Kota Blitar yang rencananya akan dijadikan Monumen PETA setelah sekolah di relokasi. Namun sampai saat ini belum diketahui kapan hal tersebut akan di realisasikan.

Sejarah Monumen Peta di Blitar

Monumen Peta di Blitar ini diresmikan oleh M Basofi Soedirman yang merupakan Gubernur Jawa Timur pada 14 Februari 1998, yang kemudian diperbarui pada tahun 2008 sehingga bentuknya seperti sekarang ini. 5 Tokoh Pemberontakan PETA di Blitar.

Adapun 7 tokoh yang diabadikan dalam bentuk patung di monumen ini adalah

  • Shodancho Soeprijadi
  • Chudancho dr Soeryo Ismail,
  • Shodancho Soeparjono,
  • Budancho Soedarmo,
  • Shodancho Moeradi,
  • Budancho Halir Mangkoe Dijaya, dan
  • Budancho Soenanto.

Di bawah Monumen ini tertulis jelas tentang monumen peta yang ada di Kota Blitar ini.

DI TEMPAT INI, PADA TANGGAL14 FEBRUARI 1945 TEPAT PADA JAM 02.30 DINI HARI BERDENTUMLAH SUARA MORTIR YANG PERTAMA SEBAGAI TANDA DICETUSKANNYA PEMBERONTAKAN TENTARA PETA BLITAR YANG DIPIMPIN SODANCHO SUPRIYADI MELAWAN PENJAJAH JEPANG. BERSAMA DENGAN GERAKAN PASUKAN TERSEBUTDIKIBARKANLAH BENDERA PUSAKA MERAH PUTIH DITIANG BENDERA LAPANGAN APEL TENTARA PETA YANG TERLETAK DI SEBERANG MARKAS DAIDAN 

Kegiatan di Monumen PETA

Tidak banyak hal yang bisa dilakukan di Monumen PETA Blitar, karena ini bukan sebuah tempat wisata. Namun jika datang di bulan Februari, ada baiknya datang sekitar tanggal 13 dan 14 Februari. Ada drama kolosal pemberontakan PETA yang rutin di gelar setiap tahunnya.

Wisata Dekat Monumen PETA Blitar

Jika datang ke monumen PETA, mungkin hanya akan sebentar, namun tidak jauh dari Monumen PETA ada Taman Kebonrojo maupun Istana Gebang yang bisa kamu kunjungi sekaligus karena berada dalam satu rute paket wisata di Blitar. Lokasi wisata dekat dengan Stasiun Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here