Radius: Mati
Radius: km
Set radius for geolocation
Candi Kotes
titleName

Candi Kotes

Memuat…

Candi Kotes merupakan candi yang terletak di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kab. Blitar. Candi kotes memiliki 2 bangunan, bangunan pertama berukuran 360 cm x 224 cm x 142 cm dengan struktir bangunan candi yang tinggal bagian kaki berbentuk persegi empat. Sedangkan untuk candi kedua, bangunannya masih cukup bagus berukuran 754cm x 537cm x 90cm.

Candi kotes 1 menghadap ke barat dan terdapat pahatan angka 1223 Saka (1301 M) pada bagian timur laut candi. Ada dua altar dan miniatur candi pada bagian atas kaki candi. Tiga bagian yang terdapat pada miniatur candi yaitu atap, tubuh dan kaki candi. Pintu gerbang berada pada bagian tubuh candi yang menghadap ke barat sedangkan bagian atas pintu terdapat patung kala dan pada sisi utara, timur dan selatan terdapat relung-relung semu dengan hiasan kalau diatasnya. Sedangkan bagian atap candi yang berbentuk kubus penuh dengan ukiran dan hiasan antefik

Sama dengan candi kotes pertama, terdapat pahatan angka tahun 1222 Saka (1301 M) di sisi tangga masuk yang berada di sebelah barat candi. Usia candi Kotes diduga lebih tua 8 tahun jika dibandingkan dengan candi penataran yang ada di nglegok. Banyaknya candi peninggalan Majapahit membuktikan bahwa Blitar merupakan salah satu daerah penting untuk kerajaan Majapahit.

Cara Menuju Candi Kotes

Dari Blitar Kota bisa menuju ke timur, sesampainya di perempatan Talun / Stasiun Talun ambil arah ke utara kurang lebih 5 km. Begitupun dari malang ke arah Kota Blitar, sesampainya di daerah perempatan stasiun talun ambil arah utara. Tidak ada angkutan umum untuk menuju candi ini.  Atau ikuti arahan peta yang sudah kami sediakan.

Alamat

Alamat:

Candi Kotes Blitar

GPS:

-8.0509330771729, 112.28847177699

Telepon:

-

Surel:

-

Web:

-

Tunjukkan Rute