Radius: Mati
Radius: km
Set radius for geolocation
Perkebunan Teh Sirah Kencong
titleName

Perkebunan Teh Sirah Kencong

Memuat…

Perkebunan teh sirah kencong merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Blitar. Terletak di ketinggian 1000 mdpl membuat tempat ini selalu sejuk dengan hamparan kebun teh yang hijau. Secara administratif, perkebunan teh sirah kencong berada di Ds. Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar.

Di dalam perkebunan teh sirah kencong, selain bisa menikmati udara sejuk dan hijaunya perkebunan anda juga bisa menikmati beberapa destinasi wisata sekaligus, yaitu Air Terjun Sirah Kencong dan Candi Sirah Kencong. Keduanya berada di kawasan perkebunan Sirah Kencong.

Apabila anda suka mendaki gunung, Sirah Kencong merupakan salah satu start pendakian menuju ke Gn. Buthak. Selain itu buat yang suka camping, anda bisa menikmati keindahan hamparan kebun teh dari titik tertinggi sirah kencong yaitu di kawasan brak papat yang membutuhkan perjalanan kurang lebih 1 jam jalan kaki dari perkebunan sirah kencong. Brak papat menjadi salah satu destinasi untuk orang yang suka camping ceria di akhir pekan.

Selain itu anda juga bisa menikmati sajian khas berupa teh hitam dari perkebunan teh sirah kencong. Teh hitam dari Sirah Kencong  sebagian besar di ekspor ke timur tengah, hanya sediikit yang dikonsumsi oleh masyarakat karena selain harganya yang tergolong mahal, rasanya juga berbeda dengan teh pada umumnya. Apabila ke Sirah Kencong jangan lupa untuk mencicipi teh hitam ken tea dari Sirah Kencong.

Video Sirah Kencong (2015)

Cara Menuju Sirah Kencong

Untuk anda yang ingin bepergian ke SIrah Kencong, Jelajah Blitar sarankan untuk mengambil jalur Tegalasri Wlingi. Dominasi jalan beraspal sekarang sudah sampai ke pintu masuk perkebunan teh sirah kencong. Hanya beberapa titik saja yang masih agak rusak. Sedangkan apabila anda ingin mencari jalur yang agak ekstrim, anda bisa mencoba untuk melewati pasar Semen.. Jalanan sejauh 12km di didominasi dengan jalanan berbatu yang agak sulit untuk dilewati.

Apabila anda melalui jalur tegalasri wlingi, anda akan melewati salah satu destinasi baru yaitu, Punjak Bintang Kejora. Sedangkan apabila anda melalui Semen, anda bisa mampir di Air Terjun Laweyan yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Karena untuk sampai ke air terjun lawean.

Banyak pertanyaan apakah bisa menuju lokasi dengan sedan / motor matic / elf / mini bus ? Jawabannya BISA. Untuk bus pariwisata yang besar sepertinya belum memungkinkan.

Tiket Masuk Sirah Kencong

Untuk masuk ke kawasan perkebunan teh sirah kencong dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orangnya, sedangkan parkir sepeda motor dikenakan Rp. 2.000 per motornya dan parkir mobil Rp. 5.000.

Alamat

Alamat:

Sirah Kencong

GPS:

-7.9761368, 112.4301459

Telepon:

-

Surel:

-

Web:

-

Tunjukkan Rute