Daftar Tempat Wisata di Blitar
Wisatawan di Blitar

Cari info tempat wisata di Blitar? Pada kesempatan ini Jelajah Blitar ingin berbagi daftar tempat wisata di Blitar yang bisa kamu jadikan pilihan untuk liburan di Blitar. Sebagai salah satu kota kecil di selatan wilaya Jawa Timur, Blitar memiliki bonus demografi sehingga ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi, baik itu sebagai sebuah destinasi wisata maupun sebagai obyek pemandangan yang menarik.

Inilah daftar tempat wisata di Blitar yang harus kamu kunjungi minimal satu kali ketika berlibur ke Blitar. Semua tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga besar baik mengendarain motor maupun mobil karena statusnya merupakan sebuah destinasi wisata yang sudah resmi di urus oleh swasta maupun pemerintah. Jadi jangan takut, untuk para pecinta wisata alam yang belum terjamah nanti akan dibuatkan list tersendiri untuk di jelajahi.

Makam Bung Karno di Blitar

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Tidak bisa dipungkiri kalau Makam Bung Karno di Blitar merupakan sebuah anugerah tersendiri untuk masyarakat Blitar. Karena tanpa adanya makam proklamator Indonesia ini, mungkin geliat pariwisata di Blitar tidak akan seperti saat ini. Sebagai warga negara Indonesia, sudah selayaknya kita datang beziarah ke Makan Bung Karno untuk mendoakan serta mengenang jasa-jasanya kepada republik ini. Tanpanya, Indonesia tidak jadi seperti sekarang ini.

Lokasi Makam Bung Karno ini terletak di Jl Ir. Soekarno no 152, Kel. Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. HTM masuk ke makam Bung karno ini hanya Rp. 3.000 saja. Selain bisa berziarah di Makam Bung Karno, pengunjung juga bisa melihat museum peninggalan Bung Karno yang terkenal dengan lukisan berdenyutnya tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, alias GRATIS! Selain itu, pengunjung yang suka membaca bisa masuk ke Perpustakaan Nasional Makam Bung Karno. Perpustakaan di kawasan Makam Bung Karno ini statusnya merupakan perpustakaan Nasional lho, setau admin hanya ada tiga di Indonesia yaitu di Jakarta, Blitar dan Bukittingi tempat dimana Bung Hatta disemayamkan.

Candi Penataran di Blitar

Candi Penataran, tempat wisata wajib di Blitar
Kawasan Candi Penataran

Candi Penataran merupakan salah satu candi hindu paling besar di Jawa Timur. Sebagai salah satu situs candi penting di Jawa Timur, kondisi candi ini bisa dibilang cukup baik, para pengunjung masih bisa melihat bahkan mengikuti cerita Ramayana pada relief candi yang menceritakan Rama dan Shinta. Selain mengikuti cerita tentang ramayana dalam bentuk relief candi, pengunjung juga bisa mengikuti cerita Kresnayana dengan tokoh Kresna dan Rukmini.

Candi penataran memiliki nama asli candi Palah, namun karena lokasinya berada di Desa Penataran, maka diberi nama Candi Penataran. Di Candi Penataran ada sebuah prasasti yang hingga saat ini masih ada, yaitu prasasit Palah yang menerangkan bahwa “menandakan Kertajaya berbahagia dengan kenyataan tidak terjadi sirnanya empat penjuru dari bencana” dari kalimat ”tandhan krtajayayåhya / ri bhuktiniran tan pariksirna nikang sang hyang catur lurah hinaruhåra nika”. Rasa senangnya tersebut kemudian dia curahkan dengan perintah dibangunnya prasasti yang tertulis dalam sebuah linggapala oleh Mpu Amogeçwara atau disebut pula Mpu Talaluh. Bangunan tersebut dia fungsikan untuk menyembah Bathara Palah, seperti yang tertuang dalam prasasti tersebut yang beerbunyi “sdangnira Çri Maharaja sanityangkên pratidina i sira paduka bhatara palah” yang berarti “Ketika dia Sri Maharaja senantiyasa setiap hari berada di tempat bathara Palah” – wikipedia

Di bagian belakang candi juga terdapat sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Lokasi candi palah atau candi penataran ini terletak sekitar 12km di sebelah utara Makam Bung Karno. Butuh waktu kurang lebih 15 menit perjalanan dari Kota Blitar menuju ke candi penataran.

Kolam Renang Dewasa di penataran Blitar
Kolam Renang Dewasa di penataran Blitar

Kawasan candi penataran juga memiliki museum penataran yang berisi berbagai macam peninggalan zaman kerajaan. Kolam renang penataran juga bisa dijadikan destinasi wisata sampingan ketika main ke kawasan candi penataran. Apalagi HTM masuk ke kawasan kolam renang ini hanya Rp. 5.000 saja per orangnya. Murah bukan?

Istana Gebang di Blitar

Wisata Istana Gebang di Blitar
Wisata Istana Gebang di Blitar

Selain berkunjung ke Makam Bung Karno dan Candi Penataran, pengunjung juga bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata populer di Blitar. Yaitu Istana Gebang yang ketika aku kecil lebih terkenal dengan sebutan Rumah Bu Wardoyo yang merupakan kakak dari Bung Karno.

Banyak barang peninggalan keluarga Bung Karno di Istana Gebang. Bahkan kamar dan bentuk bangunan dipertahankan seperti dahulu kala. Aneka perabot jaman dulu terawat cukup apik di Istana Gebang. Saat ini Istana Gebang dikelola oleh pemerintah Kota Blitar.

Di bagian barat bangunan utama terdapat sanggar seni yang sampai saat ini aktif sebagai tempat latihan menari untuk sanggar tari yang ada di Blitar. Jadi saran Jelajah Blitar, datanglah di sore hari. Karena biasanya ada jadwal rutin latihan menari untuk anak-anak.

Untuk berkunjung ke Istana Gebang, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya perlu membayar parkir kendaraan yang saat ini sudah sangat luas. Lokasinya berada di Jl. Sultan Agung no 59, Sananwetan, Kota Blitar

Kampung Coklat Blitar

Suasana Wisata Kampung Coklat di Blitar
Suasana Wisata Kampung Coklat di Blitar

Kampung Coklat Blitar memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke Blitar. Jadi tidak heran jika akhir pekan maupun tanggal merah selalu penuh dengan pengunjung yang berjubel. Kampung Coklat berhasil menjadi sebuah destinasi wisata wajib jika datang ke Blitar.

Kampung coklat bisa dibilang sebuah kawasan berbelanja aneka produk olahan coklat. Selain itu pengunjung juag bisa mengambil paket wisata edukasi coklat yang cukup menarik bahkan ada cooking class menghias coklat juga.

Untuk yang naik kereta api, mungkin akan agak kesulitan untuk mencapai kampung coklat karena tidak ada angkutan umum menuju kampung coklat. Jaraknya juga cukup jauh, butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari stasiun kota Blitar. Jadi ada baiknya untuk cek jadwal kereta api di Stasiun Blitar dulu sebelum memutuskan untuk datang ke Kampung Coklat. Sehingga nggak ketinggalan kereta api.

Lokasi kampung coklat ada di Ds. Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar dengan HTM masuk Rp. 5.000

Pantai Tambakrejo Blitar

Destinasi Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar
Destinasi Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar

Selain empat tempat wisata di Blitar yang sudah disebutkan di atas, jika ingin mengunjungi tempat wisata alam bisa mlipir langsung ke Pantai Tambakrejo yang ada di Ds. Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

Wisata pantai dengan akses jalan paling mudah dan paling dekat dari Kota Blitar. Pantai tambakrejo meneawarkan pantai dengan pemandangan sunset yang cukup bagus. Dengan pasir putih di sepanjang pantai. Terdapat tempat pelelangan ikan untuk yang ingin berbelanja ikan untuk oleh-oleh. Ada banyak warung makan yang harganya cukup miring.

Selain itu pengunjung juga bisa naik perahu nelayan dengan biaya yang terjangkau, admin kurang tahu berapa pastinya karena belum pernah nyoba. Biasanya banyak yang berbagi foto dan video serunya naik perahu di pantai tambakrejo dengan standard keamanan yang sudah ditentukan.

HTM masuk ke kawasan pantai tambakrejo ini hanya Rp. 5.000/ orang. Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar menuju ke Pantai Tambakrejo ini. Sayangnya bus pariwista belum bisa dibawa ke pantai karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

Perkebunan Teh Sirah Kencong

Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar
Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

Perkebunan teh sirah kencong merupakan destinasi wisata alam di Blitar yang cukup hits di kalangan anak muda. Pemandangan hijau khas perkebunan sirah kencong dengan suasana yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan di Blitar.

Wisata Air Terjun Sirah Kencong di Blitar
Wisata Air Terjun Sirah Kencong di Blitar

Selain bisa menikmati keindahan kebun teh sirah kencong, pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air terjun sirah kencong yang masih berada dalam satu kawasan.

Foto Gn Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong Blitar
Foto Gn Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong Blitar

Tidak sampai disitu, untuk para pendaki bisa mencoba mendaki gunung butak via sirah kencong dengan jalur yang cukup ekstrim dan menantang. Sedangkan yang mau piknik kemping tipis-tipis ada kawasan brak papat yang menawarkan pemandangan yang hamparan kebun teh dengan latar belakang gunung kelud yang menakjubkan.

Untuk menuju ke kebun teh sirah kencong ini butuh waktu kurang lebih satu jam dari Kota Blitar ke arah timur lalu utara. Kondisi jalan sudah cukup baik dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Bahkan mini bus pun bisa dengan mudah mencapai lokasi ini. Sedangkan untuk bus besar sepertinya belum bisa.

HTM untuk masuk kawasan perkebunan teh sirah kencong ini Rp. 4.000/ orang.

Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte Blitar
Telaga Rambut Monte Blitar

Terletak di lereng gunung kawi, telaga rambut monte yang juga merupakan salah satu sumber mata air dengan warna biru tosca menjadi daya tarik tersendiri. Populasi ikan purba yang ada di dalam kolam juga menarik. Tidak heran jika banyak yang menggunakan telaga rambut monte sebagai tempat untuk melepas penat ketika akhir pekan.

Suasana sejuk di sekitar telaga nan asri dengan bebunyian hewan hutan memberikan relaksasi tersendiri untuk pengunjung yang berkunjung. Kalau nggak salah HTM untuk masuk kawasan telaga rambut monte ini hanya Rp. 3.000.

Pantai Pasetran Pasir Putih Gondomayit Tambakrejo

Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar
Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar

Merupakan alternatif pantai di Blitar yang tidak seramai pantai tambakrejo namun lokasinya bersebelahan. Sebelum masuk kawasan pantai tambakrejo bisa belok ke kiri untuk menujun ke pantai pasir putih gondomayit ini.

HTMnya admin kurang tahu, karena selama ini setiap main ke pantai ini nggak ada penunggu loketnya. Standard HTM masuk ke pantai di Blitar antara Rp. 3.000 – Rp. 5.000 saja kok.

Pasir putih nan bersih dengan ombak yang cukup besar serta pemandangan sunset yang cantik membuat pantai gondomayit ini disukai oleh banyak pengunjung. Terutama mereka yang mencari alternatif pantai yang sepi dekat pantai tambakrejo. Ada beberapa warung yang menyediakan seafood layaknya pantai tambakrejo meski variannya tak terlalu banyak.

Nggak perlu takut dengan namanya gondomayit, karena pantai ini salah satu pantai dengan warna ombak terbaik di Blitar. Warna birunya itu lho, bener-bener cakep. Perlu hati-hati ketika surut karena banyak bulu babi di sekitar pantai.

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar
Pengunjung Pantai Serang Blitar

Pantai Serang di Blitar bisa dibilang merupakan pantai yang paling terawat se antero Blitar. Pemerintah desa benar-benar membangun pantai ini jadi seperti sekarang ini. Setiap bulan september, ada Serang Festival yang sangat ramai mulai dari lomba layang-layang hingga serang jazz festival.

Akses ke pantai serang juga bisa dibilang cukup mudah, meski cenderung lebih jauh dari Kota Blitar jika dibandingkan pantai tambakrejo. Namun pemandangan sunset di pantai Serang merupakan salah satu yang terbaik. Suasana pantainya juga syahdu apalagi kalau buat camping.

Penangkaran Rusa di Maliran

Penangkaran Rusa Maliran
Penangkaran Rusa Maliran

Blitar memiliki Penangkaran Rusa yang terletak di Ds. Maliran, Kec. Ponggok Kab. Blitar. Kawasan penakaran rusa saat ini berada di kawasan kesambi trees park. Pengunjung bisa memberi makan rusa dan berfoto bersama para rusa.

Selain itu terdapat kawasan outbond yang cocok untuk anak-anak serta spot foto yang menarik. Pengunjung juga bisa berfoto bersama rusa sembari memberi makan. Harga tiket masuk kesambi trees park ini Rp. 10.000 saja.

Itinerary Liburan ke Tempat Wisata di Blitar

Jika teman-teman liburan ke Blitar dan hanya punya waktu satu hari. Kelima destinasi wisata di atas wajib untuk dikunjungi. Terutama untuk nomor satu sampai nomor 5. Apakah waktunya keburu? Jika naik kendaraan pribadi dan berangkat menjelajahi tempat wisata di Blitar dari pagi bisa! Jangan berangkat terlalu siang.

Sedangkan apabila menginap di Blitar lebih dari satu hari, teman-teman bisa mengatur itinerary untuk mengunjungi tempat-tempat lain yang di sebutkan di atas. Buat rute perjalanan yang searah untuk menghemat waktu kunjungan.

Selain tempat-tempat wisata yang sudah disebutkan di atas, ada banyak referensi tempat kuliner di Blitar yang nantinya juga bisa dicoba sembari liburan di Blitar. Jadi tunggu update di Jelajah Blitar untuk referensi kuliner mak nyus di Blitar.

Incoming search terms:

  • tempat wisata di blitar
Jangan lupa ikuti Jelajah Blitar di Instagram - facebook - youtube untuk dapat referensi tempat menarik di Blitar setiap hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here